Roti Goreng Madu, Hidangan Sederhana Pengganti Sarapan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Banyak olahan dari bahan dasar roti tawar yang bisa dibuat sendiri di rumah, tak hanya sekadar diolesi dengan selai ataupun ditaburi keju dan coklat. Roti tawar juga bisa dibuat menjadi roti goreng madu yang juga nikmat sebagai pengganti sarapan pagi.

Seperti yang dilakukan Evi Yanti, warga Kelurahan Tanjung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas.

Penggemar roti goreng madu, Evi Yanti di Purwokerto, Sabtu (17/7/2021). Foto: Hermiana E. Effendi

Menurutnya, selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) banyak warung ataupun penjual makanan yang tutup dan juga demi keamanan keluarganya, ia memilih untuk memasak sendiri semua hidangan.

“Harus kreatif, supaya keluarga tidak bosan dengan menu makanan dan salah satunya saya suka membuat roti goreng madu, hidangan dari roti tawar, tepung, telur dan disiram madu,” katanya, Sabtu (17/6/2021).

Lebih lanjut Evi menjelaskan, cara membuat roti goreng madu ini sangat mudah dan cepat. Roti tawar dipotong menjadi dua bagian, atau bisa juga menjadi empat bagian dengan bentuk kotak, sesuai dengan selera masing-masing.

Kemudian masukkan dalam kocokan telur yang diberi sedikit garam. Setelah itu gulingkan dalam tepung bumbu dan didiamkan sebentar.

Selanjutnya, tinggal digoreng dan tunggu sampai warnanya berubah kecoklat-coklatan. Kemudian angkat dan tiriskan sebentar. Setelah dihidangkan di atas piring, selanjutnya siramkan madu di atasnya.

Saat ini, madu banyak dibeli orang sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain diminum langsung juga bisa dicampurkan dalam minuman.

“Anak saya yang bungsu, kurang suka minum madu karena rasa manisnya yang sangat, sehingga madu sering saya campurkan untuk berbagai hidangan, salah satunya roti goreng madu ini,” tutur Evi.

Hidangan alternatif dari roti tawar juga sering dibuat oleh Anjar Asmara, warga Kota Purwokerto. Ia mengaku selalu sedia roti tawar di rumah, selain untuk pengganti sarapan, juga bisa untuk camilan.

“Roti goreng madu dari roti tawar, saya juga sering membuatnya, karena mudah dan cepat serta disukai oleh keluarga,” katanya.

Anjar mengatakan, khasiat madu sangat bagus untuk tubuh di tengah situasi pandemi Covid-19. Madu bisa untuk menurunkan tekanan darah, obat batuk dan peningkat imunitas tubuh.

Hanya saja, ia mengakui, jika konsumsi madu secara langsung setiap hari, untuk anak-anak kadang timbul rasa bosan. Sehingga salah satu caranya adalah dengan mencampurkan madu dalam olahan makanan atau minuman.

“Roti goreng madu ini, rasanya perpaduan antara gurih dan manis, jadi anak-anak sangat suka dan manisnya adalah murni manis dari madu,” ucapnya.

Lihat juga...