Satgas COVID-19 Kota Ambon Melarang Resepsi Pernikahan

Juru bicara satgas Penganggulangan COVID-19 kota Ambon, Joy Adriaansz - foto Ant

AMBON – Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan COVID-19 Kota Ambon, melarang adanya aktivitas resepsi pernikahan, yang mengundang kerumunan masyarakat. Kebijakan tersebut diberlakukan, guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Hajatan resepsi pernikahan yang sifatnya mengumpulkan tamu baik di gedung, hotel maupun di rumah, untuk sementara waktu dilarang,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz, Rabu (30/6/2021).

Kebijakan yang ditempuh Pemkot Ambon, dengan meniadakan resepsi pernikahan akan dimulai awal Juli 2021. Akan dikeluarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Ambon, terkait peniadaan aktivitas resepsi, ditindaklanjuti dengan pengawasan intensif oleh tim satgas. “Tim gustu (gugus tugas) desa negeri dan kelurahan, dibantu gustu kota, akan melakukan pengawasan secara intensif aktifitas resepsi pernikahan,” tegasnya.

Ia mengakui, masyarakat yang akan melakukan resepsi karena sudah terjadwal, wajib menerapkan prosedur yang ditetapkan gugus tugas. Jika telah mengajukan izin dan mendapat persetujuan, maka wajib menerapkan prosedur wajib tes antigen dan menerapkan pembatasan tamu sebanyak 50 persen.

Selain meniadakan resepsi, pihaknya juga membatasi kegiatan di tempat ibadah, dengan kapasitas maksimal 50 persen dari daya tampung. Aktivitas olahraga futsal untuk sementara waktu juga tidak diizinkan. “Kita juga sementara mengevaluasi operasional karaoke keluarga dan area bermain anak, karena pembukaan kembali sesuai rekomendasi,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...