Satgas Pamor Jadi Ujung Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Bekasi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengingatkan Satuan Tugas Pantau Monitoring (Satgas Pamor) tingkat RW untuk memegang penuh tugas dan tanggung jawab dalam memberikan pelayan kesehatan bagi masyarakat dalam masa pandemi sekarang.

“Satgas Pamor dapat memegang penuh pekerjaan dan tanggung jawab kepada masyarakat, memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ungkap Rahmat Effendi saat mengumpulkan petugas Satgas yang ditunjuk di Stadion Chandrabaga, Jumat (16/7/2021).

Dikatakan, saat ini masyarakat sangat membutuhkan Vaksinasi untuk kesehatan dan memutus rantai penyebaran Covid-19, tugas ini harus benar-benar diemban dengan sebaik-baiknya, supaya masyarakat dapat merasakan hadirnya pemerintah pada situasi seperti sekarang ini. Satgas Pamor diminta memetakan wilayahnya, dapat memahami kebutuhan yang ada, serta menjadi panutan bagi masyarakat.

“Satgas Pamor menjadi ujung tombak dalam situasi saat ini. Harus paham, dapat mengetahui kebutuhan yang ada di wilayahnya pada posko PPKM yang tersebar di seluruh RW, pemetaan serta memahami tupoksi. Menyiapkan data per wilayah dan melaporkan setiap tugas yang telah dilakukan hingga tuntas,” jelas Wali Kota.

Satgas Pamor sebagai Ketua PPKM Darurat pada tingkat RW dapat melakukan kerja tersistem dan bersinergi dengan para Ketua RW, Tokoh Masyarakat di wilayahnya.

“Sebagai Ketua PPKM Mikro di tingkat RW, kerja harus tersistem dan dapat bersinergi dengan seluruh unsur masyarakat. Bersama-sama dalam memutus rantai penyebaran wabah ini,” kata Wali Kota.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bekasi telah sukses melakukan Vaksinasi Massal dan menjadi contoh bagi daerah lain. Target 140 ribu peserta masih dilaksanakan di setiap kelurahan di seluruh wilayah Kota Bekasi.

“Sekarang vaksinasi tahap V masih digelar di setiap Kelurahan. Targetnya 140 ribu orang peserta. Vaksinasi massal ini sudah dua hari digelar,” tegas Sajekti Kabag Humas Pemkot Bekasi.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi saat meninjau pelaksanaan vaksin tahap V. Saat ini masih berjalan di setiap kelurahan dengan target mencapai 150 ribu orang, Jumat (16/7/2021). Foto: Muhammad Amin

Masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi massal ini, dengan mendaftarkan diri ke kelurahan setempat dan membawa KTP. Nantinya setelah melakukan pendaftaran, masyarakat akan di screening di Puskesmas oleh tenaga kesehatan, setelah dinyatakan sehat masyarakat dapat melakukan vaksinasi di puskesmas sesuai jadwal vaksinasi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Bekasi.

Terpisah koordinator pelaksanaan vaksin di wilayah Rawa Lumbu, Yayan Yuliana, mengakui pelaksanaan Vaksin di wilayah setempat terlaksana maksimal. Warga antusias menyerbu lokasi yang disiapkan seperti di kantor kecamatan dan kelurahan di wilayah setempat.

“Kita targetnya di wilayah Rawalumbu, bisa menyentuh angka 12 ribu warga untuk divaksin tahap V ini. Karena target daerah 140 ribuan orang,” tandansya.

Lihat juga...