Segarnya dan Nikmatnya Asinan Buah Khas Betawi Dikala Cuaca Panas

Editor: Maha Deva

Segarnya asinan buah khas Betawi yang dijual Riki Riansyah di Jalan Kalisari 3, Jakarta Timur, Sabtu (3/7/2021). foto: Sri Sugiarti.
JAKARTA – Asinan buah khas Betawi, sangat cocok dinikmati dengan kondisi santai di saat cuaca panas. Cita rasa segar dan asam dari buah-buahan, akan semakin terasa nikmat, dengan adanya kuah bening kemerahan.
“Asinan buah ini ikon kudapan sehat  khas Betawi, dengan kuah rasa segar dan pedas, dengan sedikit rasa asam,” ujar Riki Riansyah, pedagang asinan Betawi saat ditemui Cendana News di tempat mangkalnya di Jalan Kalisari 3, Jakarta Timur, Sabtu (3/7/2021).
Cara membuat asinan buah khas Betawi sangat mudah. Siapkan buah segar seperti nanas, bengkuang, ketimun dan kedongdong. Kupas dan potong-potong sesuai selera. Selanjutnya cuci buah-buahan itu hingga bersih, dan sisihkan.


Riki Riansyah sedang memegang asinan buah khas Betawi yang dijualnya di Jalan Kalisari 3, Jakarta Timur, Sabtu (3/7/2021). foto: Sri Sugiarti.
Kemudian siapkan kuas. Cara membuatnya, rebus air yang telah dicampur gula putih, cabai merah yang telah dihaluskan dan beri sedikit garam. Aduk rata hingga mendidih, lalu angkat dan biarkan sampai mendingin di suhu ruangan. Setelah dingin, tuangkan ke dalam wadah besar atau baskom berisi potongan aneka buah-buah itu, aduk rata, hingga kuah meresap.  “Bahan-bahan asinan Betawi ini sangat sederhana dan mengolahnya juga mudah,” ujar Riki.
Satu plastik asinan khas Betawi, dibadrol Rp 12.000. Pembelinya, tidak hanya orang yang lewat Jalan Kalisari 3. Tetapi juga kerap ada yang memesan untuk sajian berbagai acara. Apalagi saat sebelum pandemi COVID-19 melanda. “Alhamdulillah, pembelinya selalu ada setiap harinya. Hanya saja, untuk pesanan acara lagi redup, karena kondisi kegiatan yang dibatasi dampak wabah corona. Ya, tetap harus disyukuri masih bisa jualan,” ujarnya.
Selain asinan buah, Riki juga menjual asinan sayur berbahan kol, mentimun, selada dan tahu putih. Bahan tersebut dipadukan bumbu kacang dan taburan kerupuk merah dan kerupuk mi. Satu kantong plastik asinan sayur khas Betawi dijual Rp 14.000.
Andini, seorang pembeli mengatakan, asinan buah khas Betawi memiliki rasa yang berbeda bila dibandingkan dengan asinan buah lainnya. “Tekstur buahnya saat dikunyah sangatlah renyah, rasa segar dan pedas kuahnya juga menggoda untuk diseruput,” ujar Andini, kepada Cendana News ditemui, Sabtu (3/7/2021).
Andini kerap membeli asinan buah khas Betawi untuk disantap bersama keluarga. “Biasanya asinan ini saya taruh dulu dikulkas, kalau sudah dingin baru dimakan, rasanya segar. Apalagi saat cuaca panas,” ujar Andini.
Lihat juga...