Segarnya Soto Ayam Bening Berlauk Sate Ampela dan Telur Puyuh

Editor: Maha Deva

Soto ayam bening segar Pak Karman, dengan taburan ayam kampung suir di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Bumi Waras, Bandar Lampung, Sabtu(17/7/2021) - foto Henk Widi
LAMPUNG – Setiap daerah, memiliki racikan soto yang khas dan unik sesuai selera masyarakatnya. Soto Pak Karman, yang dikenal dengan soto ayam bening, segar, dan lezat, adalah salah satu yang dikenal di Bandar Lampung.
Pengelola Soto Pak Karman, Hermansah menyebut, usaha warisan dari sang ayah tersebut telah ada sejak puluhan tahun silam. Usaha soto ayam tersebut, berada di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung.
Hermansah, mempertahankan resep warisan sang ayah, yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah. Resep soto ayam kuah bening yang disajikan cukup khas, dengan mengandalkan kaldu ayam kampung dan kunyit. Sedangkan isian soto adalah, mi suun, tauge, irisan sayur kubis dan lauk.
Ciri khas soto ayam bening Pak Karman, adalah keberadaan lauk pelengkap selain suwiran daging ayam kampung. Lauk pelengkap yang disediakan adalah, sate ati, sate ampela, Sate Telur Puyuh, dan kerupuk. Bahan pembuatan soto ayam kuah bening cukup beragam namun didominasi bumbu rempah. “Selain ayam kampung jantan, bahan bumbu yang disediakan berupa bumbu segar tradisional yang semuanya disediakan dengan pembuatan dadakan, bukan memakai bumbu instan. Sehingga kesegaran rasa yang dihasilkan dari kuah ayam bening terasa,” terang Hermansah, saat ditemui Cendana News, Sabtu (17/7/2021) malam.
Hermansah menyebut, bumbu yang digunakan cukup lengkap, daun salam, serai, daun jeruk, daun bawang. Sebagai tambahan untuk bumbu halus berupa, bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, jahe, gula pasir, garam. Sedangkan sebagai pelengkap sajian, ada tauge atau kecambah kacang hijau, bawang merah merah goreng, kecap, jeruk nipis dan sambal cabai rawit.

Sate ampela, hati dan telur puyuh. pelengkap kelezatan soto ayam bening segar Pak Karman di Jalan Yos Sudarso, Bumi Waras, Bandar Lampung, Sabtu (17/7/2021) – foto Henk Widi
Kunci membuat kelezatan kaldu soto ayam bening adalah rebusan daging ayam kampung hingga empuk. Semua bumbu digiling halus, ditumis, lalu diberi tambahan serai, daun salam hingga layu. Semua bumbu yang disangrai, selanjutnya dimasukkan ke dalam ayam yang direbus. Masak semua bahan hingga bumbu meresap ke dalam ayam. “Ayam yang sudah menjadi kaldu bisa dipanasi dengan api sedang, daging ayam kampung yang telah digoreng selanjutnya disuwir suwir,” jelasnya.
Saat akan disajikan, siapkan di dalam mangkuk mi suun, irisan kubis, tauge, irisan daun bawang. Setelah itu beri suwiran ayam kampung goreng, bawang merah goreng, lalu disiram dengan kuah kaldu. Kuah kaldu soto ayam, kerap disertai dengan bagian ceker, sayap. Penyajian dalam kondisi hangat, bisa disertai dengan lontong atau murni tanpa campuran lontong.
Seporsi soto ayam benih segar disajikan dengan lauk sesuai selera pelanggan. Jenis lauk yang disukai meliputi sate ampela, sate hati ayam, sate telur puyuh. Seporsi soto ayam bening dihargai Rp15.000. Dan pelanggan juga bisa menambah lauk sate seharga Rp3.000 pertusuk.  “Sebagian pelanggan menikmati kuah soto bening yang khas tanpa dicampuri dengan sambal, kecap sehingga bisa dipisah,”bebernya.
Saminah, istri dari Hermansah menyebut, soto ayam bening segar masih tetap buka selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Namun, pelayanan hanya untuk dibawa pulang atau take away. Namun sebagian pelanggan, ada yang memilih makan di tempat karena merasa lebih praktis sambil bisa menikmati suasana malam. “Karena lokasi berjualan di dekat salah satu rumah sakit, akses jalan strategis membuat pelanggan setia tetap membeli meski harus dibawa pulang,” cetusnya.
Salah satu penyuka soto ayam bening segar, Stevani menyebut, kuliner soto jadi pilihan saat malam. Kondisi cuaca di Bandar Lampung yang kerap turun hujan beberapa hari terakhir, membuat kuah dengan bumbu rempah membantu menghangatkan badan. Pelengkap soto ayam berupa, sate ampela dan sate telur puyuh, menambah kelezatan. Bumbu rempah yang menghangatkan badan jadi penambah stamina saat musim penghujan.
Tekstur lembut daging ayam kampung yang disuwir, cukup nikmat disantap. Rasa gurih berpadu dengan pedas dan asam jeruk nipis, menambah kesegaran kuah soto. Penambahan perasan jeruk nipi selain menambah aroma, juga menjadi penggugah selera. Soto ayam bening dengan harga Rp15.000 permangkuk, cukup sebanding dengan rasa saat menyantapnya.
Lihat juga...