Sejumlah Wilayah di Jateng Kekurangan Vaksin Covid-19

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Di tengah upaya percepatan vaksinasi covid-19, sejumlah wilayah di Jawa Tengah, justru kehabisan stok vaksin. Salah satunya di Kabupaten Kendal.

“Beberapa daerah di Jateng memang kekurangan vaksin, bahkan ada yang stok vaksin untuk dosis pertama juga kosong. Tadi laporannya yang sudah nol di Kabupaten Kendal, maka saya minta segera ambil hari ini. Termasuk daerah lainnya yang sudah menipis,” papar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Semarang, Senin (26/7/2021).

Diakuinya sejumlah daerah sudah mengeluhkan hal tersebut, sehingga pada hari ini (Senin-red), sudah datang sebanyak 27.000 vial vaksin Astrazeneca. Jika satu vial, bisa untuk penyuntikan 10 orang, maka ada 270 ribu vaksin yang siap didistribusikan.

“Ini juga menjadi perhatian, sebab di tengah upaya percepatan, stok vaksin harus tersedia, nanti kami berupaya terus mendapatkan tambahan vaksin,” tandasnya.

Tercatat saat ini, baru sebanyak 4,7 juta warga Jateng mendapat suntikan dosis pertama vaksinasi Covid-19. Sementara yang sudah divaksin dosis kedua sebanyak 2,5 juta. Angka tersebut masih jauh dari target vaksinasi di Jateng sebanyak 28,7 juta orang.

Di sisi lain, pihaknya juga meminta peningkatan tracing dan testing. Terlebih saat ini sudah ada bantuan dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas dari TNI/Polri yang diturunkan untuk membantu petugas Puskesmas, dalam melakukan tracing dan testing.

“Per hari ini, tracer dari TNI/Polri akan diturunkan, sehingga kita berharap itu bisa menguatkan surveilans yang sudah bekerja di lapangan. Memang proses tracing dan testing di lapangan berjalan tidak mudah, banyak yang tidak mau karena takut. Padahal ini penting,” tegasnya.

Terpisah, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memaparkan capaian vaksinasi di Kota Semarang hingga Minggu (25/7/2021), untuk dosis pertama sudah mencapai angka 720 ribu, sedangkan dosis kedua mencapai angka 325 ribu.

“Persentasenya masih 55% dari target 1,3 juta warga Semarang, ya memang cukup jauh dari target, tapi kita terus berupaya dan kami berharap masyarakat semakin antusias untuk di vaksin,” jelasnya.

Hendi, panggilan akrabnya, memastikan stok vaksin di Kota Semarang masih aman, bahkan jika ada kekurangan, maka pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Dinkes Provinsi Jawa Tengah, TNI dan Polri.

“Saat ini kita justru terus menambah sentra vaksinasi di tingkat kelurahan, untuk mempercepat proses vaksinasi Covid-19. Termasuk baru kita buka hari ini untuk Kecamatan Pedurungan, meliputi Kelurahan Muktiharjo Kidul, Tlogosari Kulon, Pedurungan Tengah, dan Palebon,” pungkasnya.

Lihat juga...