Senin Pagi, Dinamika Saham di Australia Menguat

SYDNEY – Saham-saham Australia menguat lebih dari 1,0 persen pada awal perdagangan Senin pagi, terangkat sektor pertambangan yang didorong kenaikan harga-harga komoditas, sementara Australian Pharmaceutical Industries melonjak karena tawaran pengambilalihan dari Wesfarmers.

Indeks acuan S&P/ASX 200 naik sebanyak 1,1 persen menjadi diperdagangkan di 7.353,4 poin, mendapatkan dukungan lebih lanjut dari penutupan kuat Wall Street pada Jumat (9/7/2021). Indeks S&P/ASX 200 ditutup 0,9 persen lebih tinggi pada akhir pekan lalu.

Di tempat lain, indeks acuan Nikkei 225 Jepang juga melonjak 2,1 persen dan indeks berjangka E-mini S&P 500 datar.

Sektor pertambangan melambung sebanyak 2,8 persen dan mencapai level tertinggi sejak 18 Mei, diuntungkan oleh lonjakan harga emas dan logam dasar, termasuk tembaga.

Perusahaan pertambangan global Rio Tinto Ltd dan BHP Ltd masing-masing meningkat 2,7 persen dan 3,4 persen.

Saham-saham yang terkait dengan emas menguat 0,4 persen, dengan Newcrest Mining Ltd naik 0,9 persen.

Saham Australian Pharmaceutical Industries melesat 20,5 persen dalam persentase kenaikan intraday terbesar mereka sejak 16 Oktober 2008, setelah perusahaan mengatakan menerima proposal pembelian dari konglomerat ritel Wesfarmers yang menilai operator rantai farmasi itu 679,9 juta dolar Australia (508,9 juta dolar AS). Saham Wesfarmers relatif datar.

Saham sektor energi bertambah 0,7 persen, diuntungkan dari lonjakan harga minyak karena penurunan persediaan AS dan tanda-tanda permintaan Asia yang kuat dari China dan India.

Sektor keuangan juga membukukan keuntungan, dengan bank-bank “Empat Besar” semuanya diperdagangkan lebih tinggi. Commonwealth Bank of Australia, National Australia Bank, Westpac Banking Corp dan Australia and New Zealand Banking Group menambahkan antara 0,3 persen hingga 1,1 persen.

Sementara itu, indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru naik 0,2 persen menjadi diperdagangkan di 12.715,84 poin pada 01.02 GMT. Pembuat perangkat lunak Serko dan operator desa pensiunan Summerset Group Holdings Ltd termasuk di antara yang memperoleh keuntungan tertinggi di bursa. (Ant)

Lihat juga...