Seruput Minuman Serbuk Jahe Merah yang Bikin Segar

MAUMERE — Minuman serbuk jahe merah yang dijual di Keda Mai Sai milik PT. Langit Laut Biru, Keuskupan Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) laris manis diserbu pembeli di masa pandemi Covid-19.

“Dalam sehari saja banyak yang pesan minuman serbuk jahe merah saat datang ke tempat kami,” sebut Anastasia Dian Setiati, Direktur Operasional PT. Langit Laut Biru, saat ditemui di kantornya di Kelurahan Kota Uneng, Sabtu (10/7/2021).

Dian mengatakan, serbuk jahe merah dibuat dari bahan-bahan berupa jahe merah, gula merah atau gula aren, gula pasir, kayu manis, sere, cengkeh dan kapulaga.

A. Dian Setiati saat ditemui di Kedai Mai Sai di Kelurahan Kota Uneng, Sabtu (10/7/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Dijelaskannya, bahan-bahan tersebut dihaluskan lalu dimasak sambil diaduk hingga merata hingga benar-benar matang dan biarkan sampai dingin terlebih dahulu.

Lanjutnya, setelah dingin maka biarkan adukan tersebut hingga benar-benar kering baru dimasukkan ke dalam kemasan untuk dijual.

“Apabila ingin meminumnya maka cukup masukan satu sendok makan jahe serbuk jahe merah dan masukan ke dalam cangkir atau gelas,” ucapnya.

Dian mengatakan, tambahkan air mendidih sebanyak 150 mililiter dan aduk hingga larut lalu diminum saat masih hangat agar badan terasa lebih segar.

Disebutkannya, selama pandemi corona, minuman serbuk jahe merah yang diproduksi petani tersebut ramai dibeli pelanggan di Kedai Mai Sai yang dikelolanya.

“Mungkin karena banyak yang berpikir bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar bisa terhindar dari penularan Covid-19. Memang minum jahe merah membuat tubuh terasa lebih segar,” tuturnya.

Sementara itu penjaga Kedai Kopi Mai Sai, Yeremias Steven mengakui dalam sehari puluhan orang memesan minuman serbuk jahe merah di kedai kopi mereka untuk diminum di tempatnya.

Steven menyebutkan, serbuk jahe merah diaduk dengan air mendidih dan dicampur dengan sedikit madu asli dan dijual dengan harga Rp8 ribu per gelasnya.

“Dalam sehari puluhan orang datang untuk minum ramuan serbuk jahe merah. Kadang kami menambahkannya dengan madu dan terasa lebih nikmat kalau diminum saat masih hangat,” ungkapnya.

Lihat juga...