Skateboard dan Inline Skate Alternatif Latih Keseimbangan Tubuh

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Olahraga luar ruangan (outdoor) masih jadi alternatif bagi sebagian warga mencari kebugaran. Haikal, salah satu warga di Tanjung Karang menyebut memanfaatkan fasilitas wahana olahraga skateboard di Taman Gajah, Enggal, Bandar Lampung.

Ia menyebut olahraga  jadi kegiatan bersama anggota komunitas penghobi skateboard sejak lima tahun silam.

Manfaat olahraga skateboard atau skateboarding sebut Haikal melatih koordinasi gerak tubuh. Sebab olahraga itu mengharuskan pemain mengatur keseimbangan tubuh saat berdiri di atas papan yang bergerak. Selain itu olah fisik dengan skateboard melatih koordinasi mata, kaki, lengan dan tangan. Agar lebih safety (aman), pelengkap pelindung lutut, siku, kepala harus dikenakan.

Olahraga skateboard sebut Haikal kerap dipertandingkan, namun selama pandemi Covid-19 dimainkan untuk jaga kebugaran. Sebagai olahraga yang dianggap butuh skill (keahlian) khusus, skateboard bisa memacu adrenalin, meningkatkan fleksibilitas tubuh, membakar kalori serta menghilangkan stres. Sebagian penghobi olahraga skateboard sebutnya bisa melatih skill baru, bersosialisasi dengan rekan sebaya.

Event-event massal penghobi olahraga skateboard jarang dilakukan karena masa pandemi sehingga kami berlatih maksimal hingga enam orang, lokasi bermain juga luas dengan alat halang rintang yang telah dibuat sesuai standar olahraga, selain di Taman Gajah lokasi lain di Pusat Kegiatan Olahraga Sumpah Pemuda Way Halim dan sekitar stadion Pahoman,” terang Haikal saat ditemui Cendana News, Jumat (9/7/2021).

Kunci olahraga skateboard sebut Haikal dengan rutin berlatih. Sejumlah trik dasar hingga mahir perlu dikuasai untuk kombinasi antara skill dan seni skateboard. Kerap terjatuh sebutnya menjadi hal biasa bagi pemain skateboard sehingga refleks gerak semakin meningkat. Ketahanan fisik yang meningkat akan diperoleh saat rutin olahraga skateboard.

Penghobi olahraga skateboard sebutnya juga memiliki interes pada hidup sehat. Pada pola makan, minum, Haikal menyebut kerap menjaga agar tidak mengonsumsi makanan yang berlemak. Sebab dengan kondisi berat badan yang tidak seimbang akan mengurangi fleksibelitas dalam permainan. Kerap bermain skateboard sebutnya akan membakar lemak, kalori dan membantu metabolisme tubuh.

“Selain remaja sebagian anak anak didampingi orangtua kerap bermain skateboard untuk pengenalan hingga mahir,” ulasnya.

Haikal menyebut, kendala bermain skateboard sebagai olahraga dengan skill tinggi soal fasilitas. Keberadaan area skateboard di Taman Gajah yang telah dibangun lebih dari lima tahun sebutnya sebagian rusak. Area taman yang semula dibuat untuk bermain olahraga skateboard telah rusak pada bagian lantai seluncur. Sejumlah papan, besi lepas. Sejumlah komunitas skateboard berharap fasilitas diperbaiki. Pilihan bermain dilakukan pada area lapangan yang masih luas.

Kegiatan olahraga inline skate dilakukan Ardianti (kanan) dan sejumlah rekan di lapangan Saburai, Enggal, Bandar Lampung, Jumat (9/7/2021). -Foto Henk Widi

Selain skateboard, olahraga melatih kekuatan, keseimbangan tubuh yang kerap dilakukan yakni inline skate. Olahraga inline skate sepintas seperti sepatu roda, hanya saja sepatu roda memiliki dua roda di bagian depan dan dua roda di belakang. Sepatu roda kerap disebut rollerblade dan inline skate disebut skating dengan roda terletak sejajar di bawah sepatu.

Salah satu penghobi inline skate, Berliana, menyebut menyukai olaharag skating sejak lima tahun silam. Ia berlatih bersama sejumlah penghobi dengan tingkat kemahiran berbeda. Pilihan olahraga inline skate sebutnya bertujuan untuk meningkatkan kebugaran fisik. Salah satu loksi yang dipilih lapangan Saburai, Enggal dengan aspal hotmix yang halus.

“Durasi sesi latihan bisa tiga kali seminggu bermanfaat melatih kesimbangan, kekuatan otot laki, tangan, membakar lemak tubuh,” ulasnya.

Penyuka olahraga inline skate lainnya, Ardianti bilang selain kekuatan otot, olahraga ini memacu koordinasi. Pada tahap skating yang dilakukan secara tim atau kelompok, olahraga inline skate butuh ketepatan gerak, keseimbangan dan kerja sama. Sejumlah rintangan yang dipasang membuat pemain memiliki tingkat konsentrasi tinggi. Olahraga yang menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan itu melatih dirinya menjaga kebugaran.

Rutin bermain inline skate sebut Ardianti menjaga pola makan dan metabolisme. Ia mengaku bisa mengatur pola makan agar menjaga keseimbangan tubuh. Hasil akhirnya dengan rutin berlatih kalori yang terbakar juga cukup banyak. Mengatur durasi sesi latihan sebutnya berimbas positif pada pola tidur, sebab rasa lelah membuatnya bisa istirahat dengan tenang.

Lihat juga...