Soto Daging Sapi Madura, Hidangan yang Gurih dan Segar

Editor: Maha Deva

Soto Sapi Madura, yang menawarkan cita rasa gurih segar, karena kaya akan bumbu rempah. Foto Arixc Ardana

SEMARANG – Soto, menjadi salah satu menu asli Indonesia, yang banyak digemari. Jenisnya beragam, hampir setiap daerah memiliki menu tersebut dengan ciri khas masing-masing.

Salah satu yang dapat ditemui adalah, soto daging sapi khas Madura. Cita rasa soto yang gurih dan kaya rempah, menjadi ciri khas dari soto daging sapi Madura, sehingga cocok untuk sajian hangat dan segar bagi keluarga.

“Di Semarang, tidak banyak yang menjual soto daging sapi Madura, lebih banyak soto Surabaya atau soto Lamongan. Cita rasanya juga hampir sama, gurih segar, dengan sedikit rasa asam. Ini berbeda dengan soto Semarangan, yang cenderung gurih asin,” papar penggemar soto Madura, Widiyanti, saat ditemui di rumahnya, Semarang, Sabtu (31/7/2021).

Wijiyanti, kerap kali membuat soto Madura, untuk memberikan cita rasa yang berbeda kepada keluarga. “Sesekali saya juga suka membuatnya sendiri. Anak-anak juga senang, karena rasanya gurih segar. Apalagi daging sapinya terasa empuk saat dikunyah,” terangnya.

Ibu tiga anak tersebut mengatakan, untuk membuat soto Madura, bahan yang diperlukan berupa daging sapi, termasuk jeroan, seperti babat, iso, paru. “Namun jika tidak suka jeroan, bisa hanya menggunakan daging sapi,” jelasnya.

Penggemar soto Madura, Widiyanti, saat ditemui di rumahnya, Semarang, Sabtu (31/7/2021). Foto Arixc Ardana

Untuk mendapatkan daging sapi yang empuk, ada baiknya daging dimasak presto terlebih dulu. “Jika tidak ada panci presto, bisa menggunakan metode 5-30-7. Artinya, rebus daging selama lima menit, mulai dari air mendidih, kemudian diamkan di dalam panci tertutup selama 30 menit, untuk kemudian direbus lagi selama tujuh menit. Ini menjadi alternatif cara, agar daging sapi terasa empuk,” paparnya.

Sementara, untuk kuah soto, bumbu halus yang diperlukan berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, ketumbar dan lada. “Semua bahan ini dihaluskan kemudian ditumis. Jangan lupa tambahkan daun jeruk, serai, dan daun salam. Jika sudah harum, baru ditambahkan air,” lanjutnya.

Jika sudah mendidih, baru daging sapi yang sudah direbus dan dipotong kecil-kecil dimasukkan kedalam kuah. “Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Soto daging sapi khas Madura pun siap disantap,” terangnya.

Penggemar soto madura lainnya, Nining menyebut, soto madura paling enak disantap bersama tambahan berupa koya dan telur rebus. “Koya ini menjadi salah satu ciri soto wilayah Jawa Timur. Dibuat dari kerupuk udang dan bawang putih yang dihaluskan. Jadi semakin banyak koya, rasanya semakin enak. Ini juga sama dengan soto Lamongan,” pungkasnya.

Lihat juga...