Spanyol Kandaskan Perlawanan Australia 1-0

Penyerang Spanyol, Mikel Oyarzabal (Kanan), melakukan selebrasi dengan rekan setimnya, Dani Olmo (kiri), dalam pertandingan Grup C Olimpiade Tokyo lawan Australia di Sapporo Dome pada 25 Juli 2021 - foto Ant

JAKARTA – Spanyol, meraih kemenangan perdananya dengan susah payah di Grup C, OIimpiade Tokyo 2020, setelah La Roja mengatasi Australia 1-0, Minggu (25/7/2021).

Dalam pertandingan tersebut, Spanyol melakukan beberapa perubahan, dengan menurunkan Javier Puado di lini serang, menggantikan, Dani Ceballos, yang sedang dirundung cedera.  Sedangkan, Marc Cucurella dan Oscar Gil, dimainkan di posisi bek sayap, menggantikan Oscar Mingueza, yang juga mengalami cedera. Martin Zubimendi, Pedri, dan Carlos Soler menjadi andalan di lini tengah.

Spanyol, bermain mendominasi seperti biasanya. Mereka tak memberikan Australia kesempatan untuk mengembangkan permainan. Namun, La Roja tetap kesulitan untuk melakukan penyelesaian akhir, saat menembus pertahanan Australia.

Setelah babak pertama berakhir imbang tanpa gol, Spanyol coba meningkatkan intensitas serangan mereka di babak kedua. Namun, tim Negeri Matador kembali membuang-buang peluang berbahaya di depan gawang, Thomas Glover.

Glover, bermain cemerlang dengan melakukan lima penyelamatan dari peluang yang diciptakan Oyarzabal, Dani Olmo, dan Carlos Soler. Spanyol mencoba melakukan alternatif dalam menyerang, dengan memasukkan Marco Asensio, Bryan Gil, dan Rafa Mir di pertengahan babak kedua. Taktik tersebut ternyata membuahkan hasil, masuknya Asensio mengubah sedikit permainan Spanyol. Kebuntuan baru pecah pada menit ke-81, ketika Spanyol dengan sabar membangun serangan dari sisi kanan.

Asensio mengirimkan umpan silang ke tengah kotak penalti dan disundul Oyarzabal ke tiang jauh gawang Glover. Skor menjadi 1-0. Spanyol ingin menambah gol lagi, tetapi upaya mereka belum membuahkan hasil. Hasil kemenangan tersebut membawa La Roja naik ke puncak klasemen Grup C dengan empat poin, unggul satu poin dari Australia di posisi kedua serta Argentina di posisi ketiga.

Argentina, meraih kemenangan pertama usai mengalahkan Mesir dengan skor 1-0 beberapa jam sebelumnya. Spanyol dan Argentina akan berhadapan di partai terakhir pada 28 Juli, sedangkan di saat bersamaan Australia bertemu Mesir. (Ant)

 

Lihat juga...