Stok Oksigen di RSUD Kraton Pekalongan, Aman

PEKALONGAN  – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memastikan stok oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah Kraton Pekalongan masih aman untuk mencukupi kebutuhan hingga tiga hari ke depan.

“Dari hasil inspeksi mendadak (sidak) di RSUD Kraton Pekalongan, kami mengetahui pengiriman oksigen sudah normal dan lancar. Pengiriman langsung dari Samator Weleri Kendal dengan menggunakan tabung paling besar,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Sumar Rosul di Pekalongan, Rabu.

Menurut dia, pasokan oksigen memang sempat mengalami keterlambatan pengiriman dari pemasok tetapi kini stok oksigen mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hin‌gga tiga hari ke depan.

Saat ini, kata dia, ada sekitar 11 tabung berukuran besar dan 6 tabung ukuran kecil, dan tabung oksigen berukuran 3.000 kubik yang sudah dilakukan pengisian.

“Sudah dilakukan pengisian oksigen. Alokasi oksigen yang semula setengah tabung tetapi kami minta diisi penuh, pihak Samator pun memenuhi permintaan sehingga bisa dipastikan dalam tiga hari ke depan pasokan oksigen aman,” katanya.

Sumar mengatakan untuk jumlah pasien COVID-19 yang semula sebanyak 60 orang kini tinggal 40 orang.

“Sudah ada penurunan jumlah pasien positif COVID-19. Oleh karena, kami minta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiplin 5M,” katanya.

Ia berharap dengan pasokan oksigen yang lancar, ke depan juga bisa tetap terjaga untuk membantu percepatan penyembuhan pasien.

“Kami berharap penyebaran COVID-19 dapat semakin turun dan bisa secepatnya selesai. Oleh karena, kami minta peran serta masyarakat untuk menekan laju penyebaran COVID-19,” katanya. (Ant)

Lihat juga...