Sup Brenebon Kuliner Khas Manado Cukup Populer di Bekasi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Dikenal sebagai kota heterogen karena dihuni beragam suku dari berbagai wilayah Indonesia, Kota Bekasi, Jawa Barat, memiliki beragam kuliner khas tanah air. Salah satunya seperti sup kacang merah (Brenebon) khas Manado.

Olivia Maukar, memasak masakan sup Kacang Merah Khas Manado untuk menu keluarganya, Sabtu (31/7/2021). Foto: Muhammad Amin

Brenebon dikenal umum masakan khas Indonesia Timur, tapi di Bekasi identik dengan Manado. Bukan tanpa alasan karena kerap jadi menu di rumah makan khas Manado yang ada di wilayah tersebut.

“Makanan khas ini memerlukan banyak waktu dalam prosesnya namun memberikan rasa yang menggoda selera,” ungkap warga Manado di Bekasi, Olivia Maukar, di Kodau, Jatikramat, kepada Cendana News, Sabtu (31/7/2021).

Dijelaskan, iga atau daging sapi sebagai campuran harus direbus, begitupun kacang merah. Biasanya di Manado banyak daging berlemak seperti sandung lamur atau buntut.

Tapi, di Bekasi banyak yang tidak suka jika terlalu banyak lemak. Untuk itu ia biasa menggunakan Iga sapi dan lemaknya dibuang agar rendah kolesterol. Sup Kacang merah ini jelasnya kaya rempah, bisa dimakan dengan nasi atau sup langsung disantap begitu saja.

Menurutnya Sup Brenabon dan Bubur khas Manado, mirip karena kaya akan rempah. Dimakan dengan nasi jaha akan lebih terasa nikmat. Makanan ini cocok untuk menjaga daya tahan tubuh saat cuaca di Bekasi sekarang tidak menentu.

“Sup Brenabon ini, bahan baku utamanya kacang merah sesuai namanya dicampur aneka sayuran terutama kentang yang diiris, kemudian bumbu kaldu, bawang putih, merah, saledri, merica dan rempah lainnya sesuai selera,” jelas Oliv.

Untuk menambah kenikmatan dia menyarankan dimakan saat hangat. Biasanya menu ini dimakan bersama keluarga saat jadwal makan malam. Karena bisa memberikan keakraban dan menambah selera makan bersama keluarga.

Diana, penggemar Sup Kacang Merah Khas Manado, mengaku di Bekasi sup tersebut tidak hanya disukai warga dari Indonesia Timur, tapi banyak dari daerah lainnya.

“Sup kacang merah ini, memang khas Nusantara. Bagi yang tidak bisa makan daging bisa diganti ikan, atau hanya sup kacang merah saja,” ucapnya biasa makan sup kacang merahnya tanpa daging karena diet.

Lihat juga...