Teknik Pagar Dinilai Efektif Maksimalkan Mangrove Pencegah Abrasi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Teknik penanaman sistem pagar berlapis dinilai efektif memaksimalkan vegetasi mangrove untuk mencegah abrasi. Konsep sistem pagar dimaksudkan adalah suatu sistem tanam dengan jarak tanam dalam barisan lebih rapat dan memperkuat daya tahan tanaman dari terjangan abrasi.

Hasanudin, pelestari mangrove di Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan menyebutkan, sistem pagar menjadi pengalaman selama puluhan tahun memanfaatkan mangrove dan efektif dalam mencegah abrasi.

“Teknik pagar dalam penanaman mangrove saya lakukan setelah pengalaman kondisi lingkungan yang terkena abrasi saat angin timur, gelombang pasang dan musim penghujan berimbas banjir,” terang Hasanudin saat ditemui Cendana News, Rabu (21/7/2021).

Selain mencegah abrasi, penanaman dengan sistem pagar juga bertujuan agar tanaman tumbuh dengan baik. Sistem penyulaman pada sejumlah tanaman yang mati bisa langsung diganti dengan bibit baru.

“Pencegahan abrasi yang dilakukan dengan teknik penanaman sistem pagar sudah saya terapkan selama bertahun tahun,” ulasnya.

Teknik penanaman mangrove bakau sistem pagar sebut Hasanudin juga dapat menjadi habitat bagi satwa air. Sejumlah biota laut berupa kepiting bakau, ikan kerapu dan lobster kerap bersembunyi di akar bakau. Sementara bagian batang dan cabang menjadi tempat bersarang satwa jenis burung.

“Tanaman sistem pagar berdampak positif bagi perkembangbiakan satwa jenis burung,” ulasnya.

Mangrove jenis bakau yang disediakan oleh Hasanudin sebagian dikirim ke wilayah Sumatera Selatan sebagai tanaman konservasi, Rabu (21/7/2021). Foto: Henk Widi

Penerapan tekhnik pagar pada penamanan mangrove jenis perpek, sentigi juga dilakukan oleh Eko Prapto. Warga pesisir Tanjung Tuha itu menerapkan pada sejumlah lahan tambak tradisional sebagai penguat tanggul.

Sebagai upaya melakukan konservasi berbagai jenis tanaman mangrove ia juga melakukan pembibitan. Jenis tanaman sentigi, perpek yang dikembangkan dengan biji memperbanyak tanaman. Perbanyakan tanaman mangrove sebutnya ikut menjaga kelestarian dan menahan abrasi pesisir pantai.

Lihat juga...