TPU Khusus Pasien Corona di Pekanbaru Memadai

PEKANBARU – Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus COVID-19 di Kota Pekanbaru yang kini sudah terisi 969 makam, dan dinilai masih memadai guna mengantisipasi tingginya kasus di Ibu Kota Provinsi Riau ini.

“TPU khusus COVID-19 itu luasnya dua hektare, dan sekarang tinggal setengah hektare yang belum terpakai. Yang tersisa setengah hektare lagi itu masih bisa menampung sekitar 350 jenazah pasien COVID-19,” kata Sekretaris Dinas Perkim Kota Pekanbaru, Edi Satriawan di Pekanbaru, Jumat.

Ia juga menyebut, kalaupun yang sisa setengah hektare sudah terisi penuh, masih bisa disisip di antara makam yang lama sebab jarak di antara kuburan sebelumnya cukup jauh untuk menghindari longsor.

“Jadi, selain lahan setengah hektare tadi, kita masih bisa pakai lahan yang ada di antara makam yang sudah ada. Dulu jarak antara makam sengaja agak jauh agar tidak longsor. Di antara tanah makam yang sudah kering, bisa disisip untuk membuat makam baru,” tukasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Riau telah menerima wakaf tanah seluas 1,5 hektare untuk lokasi pemakaman jenazah pasien COVID-19 yang berada di kawasan Pasir Putih, Kabupaten Kampar.

Lahan itu akan digunakan jika tanah pemakaman pasien COVID-19 di Kecamatan Muara Fajar itu, Pekanbaru penuh.

“Ada warga yang mau mewakafkan tanah seluas 1,5 hektare kepada saya untuk pemakaman jenazah pasien COVID-19. Lokasinya di luar Pekanbaru, Pasir Putih,” kata Gubernur Riau Syamsuar belum lama ini.

Gubri mengaku wakaf tanah itu pun sudah disampaikan ke Wali Kota Pekanbaru, jika nanti tempat pemakaman jenazah pasien COVID-19 di Muara Fajar itu sudah penuh. “Jadi kita bisa menggunakan lahan yang sudah disiapkan oleh warga kita itu di Pasir Putih,” katanya. (Ant)

Lihat juga...