Tumis Kecipir Cacah Daging Sapi Sederhana Kaya Manfaat

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Tanaman kecipir kerap ditanam warga pedesaan sebagai rambatan pada pagar. Sebagai tanaman hijau dengan kacang polong, kecipir atau Psophocarpus tetragonolobus banyak dimanfaatkan untuk bahan kuliner.

Stevani, ibu rumah tangga di Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung menyebut kecipir jadi salah satu varian bahan olahan yang lezat.

Sebagai sayuran hijau, Stevani menyebut daun, biji dan bunga kecipir bisa diolah menjadi kuliner. Kerap diolah menjadi pecel dan urap, ia memilih berkreasi memasak tumis kecipir dengan daging sapi. Proses pembuatan tumis kecipir cacah daging sapi sebutnya cukup sederhana. Bahan utama kecipir segar bisa diperoleh dengan cara membeli atau memanen dari hasil kebun.

Kecipir sebut Stevani memiliki kandungan gizi yang kaya. Sejumlah kandungan itu berupa vitamin  B6, energi dan vitamin C yang bagus untuk tubuh. Salah satu manfaat kecipir sebutnya sangat bagus untuk menurunkan berat badan dan penuaan dini. Sebagai sayuran kaya serat kecipir menjadi alternatif untuk menjaga pencernaan sehat. Sebab makanan kaya serat berguna untuk memperlancar metabolisme tubuh.

“Bahan utama kecipir muda yang telah dipetik atau dibeli dari pasar selanjutnya bisa dibersihkan dengan air mengalir, pasa bagian tepi kecipir dengan segi empat bisa dibuang seratnya agar lebih mudah dikonsumsi,” terang Stevani saat ditemui Cendana News, Sabtu (3/7/2021).

Sayuran kecipir dipadukan dengan jenis sayuran sawi dan cacahan daging sapi jadi varian menu olahan yang dibuat Stevani, warga Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung, Sabtu (3/7/2021). -Foto Henk Widi

Membuat tumis atau oseng kecipir dikombinasikan dengan daging sapi sebutnya jadi variasi agar sang anak menyukai sayuran. Setelah kecipir dibersihkan dan dipotong kecil, sejumlah bahan disiapkan. Bahan bumbu yang disediakan sebut Stevani meliputi bawang merah, cabai rawit merah, tomat, daun bawang, bawang putih, garam dan gula pasir. Agar lebih lezat ia menambahkan saus tiram dan bubuk lada.

Semua bumbu sebut Stevani sebaiknya diiris meliputi cabai rawit merah, bawang merah dan bawang putih. Selanjutnya siapkan wajan yang telah diberi minyak, ia memilih menggunakan minyak wijen. Jenis minyak wijen sebutnya memiliki kandungan kolesterol rendah cocok untuk menumis. Setelah minyak panas, tuangkan sejumlah bumbu yang diiris berupa cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daun bawang.

“Tambahkan penyedap rasa, gula pasir dan saus tiram agar rasa semakin bervariasi,” ulasnya.

Tambahan daging sapi yang telah dicacah ukuran kecil sebut Stevani sebelumnya dikukus. Proses pengukusan cacahan daging sapi sebutnya agar lebih cepat matang. Setelah daging sapi ditiriskan cacahan daging sapi bisa dicampurkan dalam sayur kecipir yang telah ditumis. Masak kembali sampai semua bahan matang dan pastikan kecipir tetap berwarna hijau tanpa menutup bagian wajan.

Tumis kecipir cacah daging sapi sebutnya akan semakin lezat dengan koreksi rasa melalui penambahan lada, saus tiram. Setelah matang, sayur kecipir cacah daging sapi bisa disajikan dalam kondisi hangat. Sajian dalam kondisi hangat sebutnya menjaga kesegaran sayur kecipir dan uap sayuran yang menggugah selera. Tambahan kecap manis bisa ditambah untuk menguatkan rasa daging sapi.

“Sajian sayur kecipir cacah daging sapi bisa dihidangkan saat kondisi hangat agar lebih lezat,” ulasnya.

Christeva, sang anak menyebut sajian sayur tumis kecipir cacah daging sapi cukup lezat. Sajian yang bisa disantap dalam kondisi hangat itu sangat pas disantap dengan nasi hangat. Agar lebih lezat ia bisa menambahkan taburan bawang goreng. Kecipir yang masih berwarna hijau sebutnya memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh.

“Rasa hangat beragam bumbu khususnya lada dan saus tiram cocok disantap dengan nasi hangat,” ulasnya.

Sartikah, salah satu pedagang sayuran di Pasar Gudang Lelang, Teluk Betung menyebut kecipir jadi salah satu sayuran favorit. Sejumlah pelanggan yang mengetahui manfaat sayuran segar itu untuk menghambat penuaan dini kerap rutin membeli. Varian olahan kecipir sebutnya paling sederhana dengan merebus dan mencocolnya dengan sambal terasi. Harga kecipir juga terjangkau Rp5.000 mendapat 10 buah kecipir.

Lihat juga...