Udang Tauco Cabai Hijau, Menu Rumahan Kaya Gizi

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Udang tauco cabai hijau bisa menjadi pilihan menu keluarga di akhir pekan, di tengah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jakarta.

Pembatasan kegiatan makan bersama di luar rumah, menjadikan ibu rumah tangga harus membuat menu khusus. Seperti Yeny (38 tahun), ibu dua anak ini mencoba masak udang tauco cabai hijau untuk menu sarapan keluarganya di akhir pekan.

“Perpaduan antara bumbu tauco dan udang, tentu akan menjadi menu yang menggugah selera makan. Aromanya gurih dan pedas, jangan sampai terlewatkan untuk disantap di tengah aktivitas berfokus di rumah,” ujar Yeni, kepada Cendana News ditemui di rumahnya di Jalan Mandala, Kelurahan Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (3/7/2021).

Dikatakan dia, udang merupakan salah satu jenis makanan laut yang memiliki cita rasa yang lezat dan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, yakni membantu pembentukan sel-sel baru dalam tubuh.

“Udang adalah makanan laut yang kaya nutrisi dan protein. Dimasak dengan tauco dan cabai hijau, serta paduan bumbu rempah lainnya terasa lebih lezat,” imbuhnya.

Yeni menuangkan udang tauco cabai hijau yang dimasaknya ke dalam piring dan siap disantap bersama keluarganya di rumahnya di Jalan Mandala, Kelurahan Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (3/7/2021). Foto: Sri Sugiarti

Tauco sendiri kata dia, merupakan jenis bumbu masakan yang dibuat dari fermentasi kedelai. Tauco ini bisa dikreasikan dengan berbagai menu masakan yang dapat membangkitkan selera makan.

Begitu juga dengan cabai hijau, salah satu jenis sayuran yang membuat hidangan masakan lebih sedap.

Adapun cara memasak udang tauco cabai hijau, yakni papar Yeni, terlebih dahulu udang dibersihkan, dengan membuang kepala dan ekornya. Lalu nyuci bersih dengan air yang mengalir, terus tiriskan.

Selanjutnya, iris tipis bumbu rempah yaitu bawang merah, bawang putih, bawang bombai, cabai hijau, dan tomat. Sedangkan lengkuas, jahe dan sirih cukup digebrak saja.

Kemudian tumis semua bumbu rempah,  masukan daun salam dan daun jeruk nipis, aduk merata sampai harum. Lalu, masukkan udang dan beri air putih sedikit. Selanjutnya, masukkan gula, garam, dan tauco aduk sampai rata sampai udang berubah warna.

Setelah air kuahnya sudah menyusut, masukkan irisan cabai hijau dan tomat, aduk rata lagi dan tes rasanya. Lalu angkat dan hidangkan dalam piring, siap disantap bersama keluarga. “Disantap dengan nasi putih hangat, terasa lebih nikmat,” ujar Yeni.

Dedi Suryadi (43), suami Yeni mengaku menyukai menu udang tauco cabai hijau masakan istrinya karena bumbu rempahnya meresap.

“Bumbu rempahnya terasa banget, gurih dan pedas saat disantap, saya sampai nambah makannya, ini,” ujar Dedi.

Lihat juga...