Udang Tumis Buncis Cabai Hijau, Menu Rumahan Kaya Protein

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA –  Udang bisa dikreasikan menjadi berbagai masakan yang lezat bertabur bumbu rempah dan sayuran. Seperti menu udang tumis buncis cabai hijau yang dihidangkan Sri Mulyani.

Warga Jalan Pandan Alas, Kelurahan Cijantung, Jakarta Timur ini sengaja memasak udang tumis buncis cabai hijau untuk menu sarapan pagi keluarganya.

Sri Mulyani sedang menuangkan udang tumis buncis cabai hijau ke dalam piring yang dimasak untuk santapan keluarga di rumahnya di Jalan Pandan Alas, Kelurahan Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (17/7/2021). Foto: Sri Sugiarti.

Apalagi kata dia, di tengah kondisi pandemi Covid-19 dengan peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, tentu semua aktivitas berfokus di rumah. Kondisi ini membuat keluarganya tidak bisa makan menu sea food  kesukaannya di luar rumah.

Agar tidak bosan dengan sajian menu yang biasa saja, Sri pun mengkreasikan udang dimasak tumis buncis cabai hijau.

“Udang ini kan jenis sea food, biasanya kalau beli itu udang saus tiram atau udang saus Padang. Nah, biar nggak bosan, saya masak tumis pakai buncis cabai hijau. Rasanya pedas dan gurih,” ujar Elin, demikian panggilan Sri Mulyani, kepada Cendana News ditemui di rumahnya, Sabtu (17/7/2021).

Dikatakan dia, udang memiliki tekstur gurih dan dagingnya lembut, sehingga menjadikan makanan laut ini disukai keluarganya. Apalagi kandungan protein pada udang ini cukup tinggi, memiliki nutrisi seperti fosfor dan vitamin B12.

Bahkan kandungan merkuri dalam udang juga tergolong rendah. “Jadi aman untuk dikonsumsi, dan manfaat buat kesehatan juga bagus, salah satunya menjaga kesehatan tulang dan gigi,” ujar perempuan kelahiran 35 tahun ini.

Apalagi kata dia, dimasak dengan dipadukan sayuran buncis yang segar. “Buncis ini juga kaya zat besi, zat mineral dan protein. Jadi sayuran ini mengandung manfaat kesehatan,” ujarnya.

Cara memasak udang tumis buncis cabai hijau ini sangat mudah. Yakni kata Elin, bersihkan udang terlebih dahulu dengan melepas ekor dan kepalanya. Lalu cuci bersih dengan air kran yang mengalir.

Cuci juga buncis dan cabai hijau, lalu tiriskan. Selanjutnya potong tipis sayuran itu dengan bentuk miring.

Iris bumbu rempah di antaranya bawang merah, bawang putih dan bawang bombai. Sedangkan jahe dan sirih cukup digeprek.

Tumis irisan bumbu rempah dalam wajan berisi minyak yang panas, aduk rata hingga mengeluarkan aroma harum. Lalu masukkan udang, aduk rata hingga berubah warna merah.

Selanjutnya, masukkan potongan buncis dan cabai hijau, daun salam, daun jeruk, saus tiram, gula, garam dan sedikit air putih. Masak hingga matang, tes rasanya, lalu sajikan dalam piring dan siap untuk dinikmati bersama keluarga.

“Sangat mudah mengolah menu ini, 10 menit sudah matang, bumbunya juga sederhana. Cita rasanya gurih dan pedas,” ujarnya.

Ribon Bandala (34) suami Elin mengaku, sangat menyukai masakan udang buncis cabai hijau yang dibuat istrinya.

“Aroma bumbunya sedap sangat terasa di lidah, gurih pedas,” ujar Ribon.

Lihat juga...