Vaksinasi Anak di Kota Semarang Dimulai, Ini Cara Pendaftarannya

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun di Kota Semarang, dimulai. Pemkot pun meminta agar masyarakat, segera melakukan pendaftaran untuk putra putri mereka.

“Vaksinasi covid-19 untuk anak, segera dimulai, seiring pencanangan secara serentak sudah dilakukan pada Rabu (14/7/2021) lalu, yang dipusatkan di dua sekolah yakni SMPN 3 Semarang dan SMAN 1 Semarang. Untuk selanjutnya, akan dilakukan di faskes ataupun tempat lain yang ditunjuk,” papar Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang, Abdul Hakam, saat dihubungi di Semarang, Jumat (16/7/2021).

Dipaparkan, untuk itu, pihaknya meminta masyarakat untuk segera mendaftarkan putra putri mereka, agar bisa mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Pendaftaran dilakukan melalui laman pedulilindungi.id. Nanti akan kita data, berapa kebutuhannya, sehingga bisa kita siapkan berapa vaksin yang diperlukan,” terangnya.

Hakam menuturkan, dalam pendaftaran tersebut, layaknya mendaftarkan diri untuk vaksinasi usia 18+, pra lansia ataupun lansia melalui laman victori.semarangkota.go.id. “Siapkan nomor induk kependudukan (NIK) pada kartu keluarga (KK) dan nomor handphone, tinggal isi data-datanya yang diperlukan,” tambahnya.

Selanjutnya, pencatatan peserta vaksinasi dimasukkan dalam aplikasi PCare sebagai kelompok remaja.

“Vaksinasi covid-19 pada anak usia 12-17 tahun ini, kita harapkan dapat menekan angka penyebaran covid-19 pada anak. Sebab saat ini, ada banyak anak yang juga terpapar. Biasanya kasus terjadi pada klaster keluarga,” tandasnya.

Terpisah, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menandaskan, program vaksinasi covid-19 untuk anak tersebut, ditarget selesai dalam kurun waktu dua bulan ke depan.

“Kalau dilihat dari data siswa, usia 12-17 tahun ini di Kota Semarang ada sekitar 156 ribu orang. Kita berharap ini, bisa diselesaikan dalam waktu dua bulan. Pasti kita lakukan percepatan, seperti halnya vaksinasi pada usia lainnya. Termasuk nanti menggandeng pihak sekolah, sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi agar bisa lebih cepat,” ungkapnya.

Sementara, salah seorang warga Kelurahan Tembalang Semarang, Widarti, mengaku awalnya agak was-was terkait program vaksinasi Covid-19 untuk anak. Hal tersebut karena banyak informasi simpang siur terkait vaksinasi anak.

“Anak saya dijadwalkan akan mengikuti vaksinasi Covid-19 pada bulan Agustus 2021 mendatang,. Sudah ada program dari sekolah, awalnya agak was-was, namun setelah berkonsultasi dengan dokter, bahwa vaksin ini aman, ya saya sebagai orangtua mendukung,” terangnya.

Tercatat saat ini, anak lelakinya sudah berusia 13 tahun, dan baru masuk sebagai siswa di SMPN 12 Semarang. “Mudah-mudahan dengan adanya vaksinasi untuk anak ini, anak-anak bisa lebih terlindungi dari paparan Covid-19,” pungkasnya.

Lihat juga...