Vaksinasi Covid-19 di Bekasi, Warga Diminta Pakai Masker Dua Lapis

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi,  turun tangan langsung memantau pelaksanaan serbuan vaksinasi tahap V di masing-masing kelurahan untuk 140.000 warganya, Kamis (15/7/2021).

Ia pun turun berkeliling menggunakan mobil pick-up dan untuk mengingatkan masyarakat  menggunakan pengeras suara untuk mengenakan dua lapis masker. Hal itu untuk mencegah varian baru virus SARS-CoV2 jenis Delta yang penyebarannya sangat cepat.

“Pemakaian masker sangatlah penting pada saat ini dan memakai harus dua lapis, karena virus kali ini lebih dahsyat penyebarannya sehingga rumah sakit di Kota Bekasi telah dinyatakan penuh dengan pasien terpapar Covid 19,” ungkapnya saat berkeliling ke 56 kelurahan di wilayah Kota Bekasi.

Dikatakan bahwa warga yang mengikuti vaksin sebelumnya telah  melakukan screening pasti sudah aman, apalagi ditambah masing-masing warga telah di-tes antigen, jika terjadi garis 2 di-tes antigen itu maka warga akan disuruh melakukan swab PCR.

Menurutnya kegiatan yang dilaksanakan guna menghadapi pencegahan pandemi, sehingga diharapkan warga di Kota Bekasi bisa semua memiliki herd immunity untuk menjaga kekebalan tubuh.

Vaksinasi kali ini dibagi rata di di 56 kelurahan se-Kota Bekasi, 7 kelurahan pada hari ini dipantau langsung, diantaranya:

  1. Kelurahan Teluk Pucung yang menggelar di area Kelurahan Teluk Pucung
  2. Kelurahan Pejuang yang menggelar di SMAN 10 Kota Bekasi
  3. Kelurahan Jakasampurna menggelar di Sekolah Global Persada
  4. Kelurahan Jatimekar menggelar di area kantor Kelurahan
  5. Kelurahan Jatiwaringin di area Kantor Kelurahan,
  6. Kelurahan Jatisampurna menggelar di Rumah Makan Sandoro, dan
  7. Kelurahan Cimuning di area RW 12 Dukuh Zamrud.

Pelaksanaan vaksinasi ini terbagi dalam 2 area dari 12 kecamatan, Wilayah A meliputi Kecamatan Bekasi Utara, Kecamatan Medan Satria dan Kecamatan Bekasi Barat, Kecamatan Bekasi Selatan, Kecamatan Bekasi Timur, dan Rawalumbu. Wilayah B meliputi Kecamatan Jatiasih, Bantargebang, Mustika Jaya, Pondok Melati, Jatisampurna dan Pondok Gede.

Untuk wilayah A, berjalan dengan lancar dengan antusiasme warga yang dalam tahap pencegahannya untuk meminimalisir adanya kasus aktif. Peserta juga telah melaksanakan screening dan tes antigen memastikan layak untuk mendapatkan vaksin di wilayah masing masing.

Untuk wilayah B, Wali Kota memberikan 2 hari untuk melakukan hari ini yakni tahap screening dan esok hari untuk vaksinasinya karena pada area ini belum melakukan screening terlebih dahulu.

Terlihat di tiap kelurahan warga sangat antusias untuk menerima manfaat vaksinasi gratis dari pemerintah. Di Kelurahan Bintara dan Bintara Jaya pada Kecamatan Bekasi Barat, sejak pagi warga secara tertib bergantian datang ke kantor kelurahan setempat.

Lurah Bintara, Sudarsono saat ditemui mengatakan untuk wilayahnya terdapat 1700 warga yang mendaftar untuk menerima manfaat vaksin. Pihaknya telah melakukan sosialisasi melalui media sosial dan turun langsung ke wilayah untuk menginformasikan penyelenggaraan vaksinasi gratis yang diadakan oleh pemerintah Kota Bekasi.

“ Alhamdulillah untuk di Bintara, warga sangat antusias. Saat kami lakukan sosialisasi melalui media sosial maupun pamor yang langsung turun ke wilayahnya, banyak masyarakat yang minat dan menanyakan terkait vaksinasi, pamor menginformasikan secara detail kepada masyarakat,” jelasnya.

Untuk menghindari penumpukan warga yang datang, pihaknya menyediakan dua lokasi berbeda diantaranya di Aula Kelurahan dan SMPN 14 Kota Bekasi.

“ Kita bagi menjadi dua lokasi, untuk menghindari antrean panjang dan penumpukan. Kita sosialisasikan jauh hari kepada warga melalui pamor wilayah yang intens melakukan pendekatan ke warga,” jelasnya.

Ia menambahkan,  terdapat 40 tenaga kesehatan yang disiapkan untuk menyukseskan kegiatan vaksinasi tersebut, pihak kelurahan juga bersinergi dengan Empat Pilar.

Lihat juga...