Vaksinasi di Kota Bekasi Capai 26 Persen

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menyebut, capaian program vaksinasi di wilayahnya saat ini baru mencapai 26 persen dari target 70 persen.

Angka tersebut tegasnya sesuai dengan distribusi vaksin yang diterima dan telah direalisasikan di lapangan.

“Guna meraih kekebalan herd immunity  atau komunal belum bisa dipastikan. Karena pemerintah Kota Bekasi tergantung pendistribusian vaksin,” kata Rahmat Effendi, di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (30/7/2021).

Dikatakan, meski target vaksinasi belum mencapai 50 persen, tapi 525.860 penduduk Kota Bekasi yang melakukan vaksinasi tidak ada kendala teknis di lapangan.

Menurutnya, pada tahap pertama penduduk Kota Bekasi telah divaksin sebanyak 366 ribu. Namun jumlah tersebut bertambah ketika vaksin tahap kedua berlangsung.

“Saat ini persediaan vaksin 184 ribu dosis. Vaksin ini rencananya digunakan untuk usia 12- 17 tahun,” ucapnya.

Untuk usia sekolah dimulai dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), meliputi siswa yang sekolah ada di negeri, swasta, dan Tsanawiyah ataupun Aliyah.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa target 70 persen yang akan dilaksanakan di Kota Bekasi dari total 2,5 juta jumlah penduduk saat ini sedang berlomba dengan waktu untuk mencapai herd immunity sehingga penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

“Dari jumlah penduduk Kota Bekasi yang mencapai 2,5 jiwa, saya targetkan 70 persen atau 1,7 jiwa penduduk Kota Bekasi,” paparnya.

Hari ini jelasnya, Pemkot Bekasi bersama APINDO menggelar vaksinasi untuk karyawan di wilayah Bekasi Utara bertempat di PT Bridgestone. Vaksinasi  dilaksanakan selama dua hari dengan dosis sebanyak 2000 vaksin.

“Sampai saat ini terus melakukan sosialisasi penegakan protokol kesehatan agar masyarakat mengetahui bahwa pandemi ini bukan main-main, RSUD milik Pemerintah maupun Rumah Sakit Swasta penuh dalam menangani tindakan Covid-19,” jelasnya.

Untuk itu, bagi warga Kota Bekasi agar selalu mengikuti anjuran Pemerintah agar semua bisa kembali normal.

Ketua APINDO, Purnomo Mariadi, mengatakan, vaksinasi yang dilakukan adalah gabungan karyawan dari 12 perusahaan. Vaksinasi ini dilaksanakan secara mandiri sebagai bentuk membantu pemerintah daerah dalam mempercepat tercapainya herd immunity  di Kota Patriot.

Lihat juga...