Vaksinasi Massal 50.000 Warga di Bekasi Berlangsung Lancar

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, sukses menggelar vaksinasi Covid-19 dengan target mencapai 50an ribu warga berusia 18 tahun ke atas dan lanjut usia (lansia) sebagai peserta di Stadion Patriot Candrabhaga, Kamis, (8/7/2021).

Vaksinasi massal tersebut adalah  ke lima yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga. Hal itu karena adanya dukungan dari berbagai pihak, terutama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda di Kota Bekasi.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengatakan vaksinasi massal dengan peserta yang berasal dari 12 Kecamatan di Kota Bekasi, sudah dimulai sejak pukul enam pagi hingga pukul 11.30 dan berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah berjalan lancar, hari ini 50.000 vaksin yang diperuntukkan bagi warga. Suksesnya kegiatan ini berkat dukungan serta sinergitas yang baik dari unsur forkopimda,” kata Rahmat Effendi, mengatakan ratusan petugas gabungan diterjunkan, baik dari unsur TNI-Polri maupun Satpol PP, Dinas Perhubungan serta para aparatur.

Para petugas gabungan yang diturunkan juga mengamankan area di kawasan Stadion Patriot Candrabhaga agar tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas, dan mengatur proses vaksinasi sesuai protokol kesehatan.

Sebelumnya, Pemkot Bekasi sudah menggelar vaksinasi di tempat ini dengan peserta 2.000, 4.000, 8.000, 25.000 orang dan Kota Bekasi menjadi percontohan bagi daerah lainnya.

Sasaran dari kegiatan vaksinasi massal merupakan warga Kota Bekasi atau warga dari luar daerah yang berdomisili di Kota Bekasi, dengan usia 18 tahun ke atas. Vaksin yang diberikan kepada warga adalah merk Sinovac.

Setelah mendapat suntik vaksin dosis pertama di Stadion Patriot Candrabhaga, peserta vaksinasi massal akan mendapatkan suntik dosis ke dua di Puskesmas atau Kelurahan sesuai tempat di mana peserta tersebut mendaftar.

“Pada hari ini, 300 tenaga kesehatan dari kalangan perawat maupun bidan dikerahkan untuk mensukseskan kegiatan vaksinasi,” tegasnya.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, juga  Mengajak Masyarakat untuk Membaca Alquran, Salawat, Dzikir dan Do’a di masa pendemi Covid – 19. Hal tersebut melalui surat edaran Nomor : 451/5151-SETDA.Kessos dan Nomor :4317/ KK.10.211/07/2021,Pemerintah Kota Bekasi bersama dengan Kementrian Agama.

Hal itu juga sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 16 Tahun 2021 Tentang Perubahan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 Tentang  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali.

“Hal Ini perlu dilakukan,  dalam upaya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan demi keselamatan seluruh lapisan masyarakat Kota Bekasi atas peningkatan lonjakan kasus Covid-19,” katanya.

Lihat juga...