Vaksinasi Massal di RSMH Palembang Targetkan Menyasar 1.000 Anak

Suasana vaksinasi untuk remaja usia 12-17 tahun yang digelar oleh Kodam IX/Udayana di Gor Praja Raksaka, Kepaon Denpasar, Senin (5/07/2021) - foto Ant

PALEMBANG – Tim medis Rumah Sakit Umum Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), sedang menyiapkan kegiatan vaksinasi COVID-19 secara massal, dengan target sasaran 1.000 anak. Yaitu mereka yang berusia 12 hingga 18 tahun.

”Kegiatan vaksinasi secara massal itu dijadwalkan berlangsung pada 10 Juli 2021, dipusatkan di gedung baru RSMH, Graha Eksekutif lantai 1,” kata Koordinator Humas RSMH Palembang, Akhmad Suhaimi, Kamis (8/7/2021).

Menurut dia, kegiatan vaksinasi massal untuk anak-anak itu digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Anak Nasional, yang jatuh pada 23 Juli. Kegiatannya digelar hasil kerja sama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Sumsel.

Untuk mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19 itu, para orang tua bisa mendaftarkan anaknya melalui daring, cukup membawa Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Keluarga (KK). Selain itu, syaratnya juga sama seperti kegiatan vaksinasi untuk lansia dan yang lainnya, yakni tidak terpapar COVID-19 dalam kurun waktu tiga bulan. “Kami mempersilakan para orang tua segera mendaftarkan anaknya secara daring melalui link http://app.rsmh.co.id/vaksin_rsmh,” ujar Suhaimi.

Sebelumnya, Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengajak warganya untuk menyukseskan vaksinasi anak usia 12-17 tahun atau para pelajar. Kegiatan digelar sejak 2 Juli 2021. Warga Kota Palembang, terutama para orang tua diminta jangan khawatir untuk memvaksin anaknya. Vaksin tersebut, sudah dinyatakan aman berdasarkan uji klinis dan sudah mendapatkan pengakuan dari BPOM dan WHO. “Kami berupaya mempercepat vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak, terutama pelajar SD hingga SMA, untuk menyiapkan kegiatan belajar mengajar dengan pertemuan tatap muka (PTM),” ujarnya.

Pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk pelajar di Bumi Sriwijaya, saat ini total target sasarannya berjumlah 192.667 orang. Perincian pelayanan vaksinasi itu, yakni pelajar SD kelas VI ditargetkan 30.243 orang, pelajar SMP ditargetkan 84.629 orang, dan pelajar SMA ditargetkan 77.799 orang. (Ant)

Lihat juga...