Warga Desa Wakal di Maluku Tengah Sudah Tunaikan Salat Iduladha

AMBON – Warga Muslim di Negeri (Desa) Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, sudah menunaikan Salat Iduladha 1442 Hijriah pada Senin, sehari lebih cepat dari hari perayaan Iduladha yang ditetapkan pemerintah, pada Selasa (20/7).

“Betul, warga di Wakal sudah salat Iduladha. Alhamdulillah, situasi aman terkendali,” kata Kepala Kepolisian Sektor, Leihitu Iptu Julkisno Kaisupy, ketika dihubungi dari Kota Ambon, ibu kota Provinsi Maluku, Senin (19/7/2021).

Menurut dia, hanya warga Negeri Wakal yang menunaikan Salat Iduladha lebih cepat dari ketetapan pemerintah di wilayah Kecamatan Leihitu, sepuluh negeri lain di kecamatan itu akan merayakan Iduladha pada 20 Juli 2021 sesuai ketetapan pemerintah.

Julkisno menuturkan, bahwa setiap negeri di Leihitu punya tradisi sendiri dalam menentukan hari perayaan Idulfitri dan Iduladha.

“Sebenarnya mereka menganut Islam pada umumnya, tapi mereka ada penghitungan sendiri. Waktu Idulfitri ada lima negeri yang duluan (Salat Id) di Leihitu,” katanya.

Guna menjaga ketertiban warga dan mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah Iduladha, ia mengatakan personel TNI dan Polri disiagakan di Negeri Wakal.

Menurut dia, masyarakat dan pemuka adat di Negeri Wakal menjaga ketertiban dan mengikuti panduan pemerintah dalam melaksanakan ibadah pada Hari Raya Iduladha.

Pada malam hari, warga melaksanakan takbiran di masjid tanpa pawai beramai-ramai. “Tadi malam takbiran cuma di masjid saja, tidak pakai pawai,” kata Julkisno.

Ia menambahkan, pada Senin pagi warga melaksanakan Salat Iduladha di masjid dan akan melakukan pemotongan hewan kurban pada sore hari.

Julkisno mengimbau masyarakat Leihitu mengikuti anjuran pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19 serta menerapkan protokol kesehatan dan menjalani vaksinasi Covid-19. “Alhamdulillah, Kecamatan Leihitu masih zona hijau,” demikian Julkisno. (Ant)

Lihat juga...