Warga Maumere Racik Minuman Alami Tingkatkan Imun Tubuh

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Akhir-akhir di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh pelosok negeri termasuk di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebabkan warga berinisiatif membuat minuman rempah-rempah dari bahan alami.

“Kami sering membuat minuman dari bahan alami untuk meningkatkan imun tubuh,” sebut A. Dian Setiati, Direktur Operasional PT. Langit Laut Biru, Keuskupan Maumere, saat ditemui di Kedai Mai Sai, Kelurahan Kota Uneng, Sabtu (10/7/2021).

Dian menyebutkan, selain ramuan jahe merah, pihaknya pun sedang membuat ramuan dari bahan sere dicampur jeruk nipis, jahe dan madu. Selain itu tambahnya, pihaknya juga meracik ramuan dari campuran serbuk daun kelor yang dicampur dengan madu.

A. Dian Setiati saat ditemui di Kedai Mai Sai di Kelurahan Kota Uneng, Sabtu (10/7/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Menurutnya, minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) juga bisa diminum untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh selain jahe merah dan kelor.

“Membuat ramuan dari sere pertama-tama kita harus bersihkan sere terlebih dahulu lalu hancurkan. Masak sere dan jahe dengan air hingga mendidih lalu angkat dan biarkan di dalam termos agar tetap panas,” ucapnya.

Dian menerangkan, minuman sere dan jahe tersebut dituangkan ke dalam gelas lalu masukan perasan jeruk nipis dengan menambahkan satu sendok makan madu asli.

Ia menyarankan agar ramuan ini diminum saat masih hangat agar tubuh pun bisa hangat dan akan terasa lebih segar.

Pihaknya pun membuat ramuan dari daun kelor di mana daun kelor dibersihkan dan dipisahkan dari rantingnya lalu jemur hingga benar-benar kering.

Sesudahnya, giling atau blender daun kelor tersebut hingga menjadi serbuk dan diseduh dengan air mendidih.

“Untuk menambah rasa manis dan vitamin,tambahkan satu sendok madu asli ke dalam minuman serbuk kelor tersebut. Biasanya minuman ini dikonsumsi untuk menambah daya tahan tubuh,” ucapnya.

Sementara itu, Yustina Nona salah seorang warga Kota Maumere yang ditemui di sebuah apotik di Kota Maumere mengakui sedang mencari vitamin C dan D serta minyak kelapa murni (VCO) untuk dikonsumsi anggota keluarganya.

Yustina mengaku  biasanya membeli jahe atau jahe merah di pasar tradisional di Kota Maumere baru memasak dan meminumnya namun stok jahe merah dan jahe pun terbatas.

“Lebih enak meracik minuman penambah daya sendiri dari bahan alami seperti jahe dan madu. Terkadang kami meminum minyak kelapa murni atau konsumsi kelor rebus,” ucapnya.

Lihat juga...