Warga Murung Raya Mengeluh, Jalan Raya Sering Banjir

BANJARMASIN – Warga Kelurahan Murung Raya, Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengeluhkan jalan raya di wilayah mereka sering banjir, di saat air sungai pasang atau hujan lebat.

“Jalan raya di kelurahan kami rendah, sehingga sering banjir, kami harap dewan memperjuangkan perbaikan dan peninggian jalan di lingkungan kami,” ujar salah seorang warga Murung Raya A Yani saat mengikuti kegiatan reses DPRD Kota Banjarmasin di kantor Kecamatan Selatan, Jumat.

Menurut Ketua RT 20 ini, hampir semua badan jalan sering tergenang apabila terjadi air sungai pasang, demikian juga saat hujan lebat terjadi.

“Jadi sangat mengganggu perjalanan pengendara,” tuturnya.

Anggota DPRD Kota Banjarmasin, Hj Hilyah Aulia, menyampaikan aspirasi masyarakat Murung Raya tentang jalan raya wilayah mereka yang sering banjir menjadi salah satu poin penting yang jadi perhatian pihaknya dalam gelar reses ini.

“Memang betul kondisi jalan di sana sering banjir, ini catatan kita untuk diperjuangkan,” ujar politisi PKB tersebut.

Menurut dia, kondisi jalan banjir di Murung Raya memang jadi langganan, apalagi saat musibah banjir dulu atau pada pertengahan bulan awal tahun tadi.

“Di sana saat banjir paling rendah genangan setinggi lutut, bahkan sebagian wilayah sampai pinggang,” tuturnya.

Hilyah Aulia yang kebetulan di Komisi III, yakni bermitra dengan instansi pemerintah kota pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan maupun jembatan, akan membicarakan lebih lanjut terkait kondisi infrastruktur jalan dan lainnya di Kelurahan Murung Raya tersebut.

“Jadi masalah ini akan jadi pokok pikiran kami pada saat musyawarah pembangunan (Musrenbang) dengan pemerintah kota nantinya,” tutur Hilyah Aulia.

Anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Fraksi PDIP, M Natsir menyampaikan, kondisi jalan sering tergenang di Murung Raya itu karena terjadinya air pasang dan hujan lebat.

“Kalau jalannya sudah bagus, beraspal, tapi memang sering banjir,” ucapnya.

Kondisi ini, kata dia, memang harus dikaji lebih lanjut untuk penanganannya, tidak hanya untuk perbaikan atau peninggian jalan, tapi juga hal lainnya.

“Kalau pengamatan saya, pertama itu harus dilakukan perbaikan siring sungai, kemudian pengerukan sungai, karena dua ini bagian yang terkait sering terjadi genangan itu,” ujarnya.

Natsir menyampaikan, pemerintah memang harus segera memberi perhatian bagi wilayah Murung Raya ini, karena di sana terdapat 27 rukun tetangga (RT) yang mengeluh kondisi infrastruktur masih belum sempurna tersebut.

“Kami di dewan pastinya berkomitmen untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat ini, segala aspirasi yang kami terima pada saat reses ini,” katanya. (Ant)

Lihat juga...