Warga Sikka Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Warga Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, memadati Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Maumere, guna mengikuti pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang telah digelar selama seminggu, baik di Pelabuhan laurens Say Maumere maupun di Mako Lanal Maumere.

“Saya bersama suami sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 kemarin Senin (12/7), dan banyak sekali warga yang ingin mengikuti vaksinasi tersebut,” kata warga Kota Maumere, A. Dian Setiati, saat ditemui di Kelurahan Kota Uneng, Maumere, Selasa (13/7/2021).

Dian mengatakan, dirinya telah lama mendaftarkan diri ke pemerintah bersama seluruh karyawan di perusahaannya, namun belum ada program vaksinasi lanjutan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka.

Danlanal Maumere, Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi, saat ditemui di Mako Lanal Maumere, Kelurahan Wuring, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, Senin (12/7/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Disebutkannya, ketika mendengar ada program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Lanal Maumere, dirinya bersama suami dan karyawan lainnya mendaftar, namun dikatakan stok vaksin terbatas.

“Saya bersyukur sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Kasus positif dan kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Sikka meningkat, sehingga kita perlu mendapatkan vaksin guna menambah imun tubuh,” ucapnya.

Sementara itu seorang pelajar asal Kelurahan Wailiti, Kecamatan Alok Barat, Florbela Alannya da Costa, mengaku sudah mendapatkan vasiknasi Covid-19 bersama temannya di Lanal Maumere, Senin (12/7/2021).

Bela, sapaannya, mengaku bersama kedua orang tuanya mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Lanal Maumere, mengingat kasus positif  Covid-19 di Kabupaten Sikka dan beberapa wilayah di NTT sedang tinggi.

“Saya akan kuliah di Kupang dan di sana juga kasus Covid-19 tinggi. Lebih baik divaksin, agar bisa mencegah diri kita tertular. Tapi, tetap harus mentaati protokol kesehatan,” ucapnya.

Danlanal Maumere, Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi, menyebutkan, vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Lanal Mauemere sudah dimulai sejak 29 Juni 2021, dan sudah beberapa kali dilaksanakan vaksinasi.

Dwi Yoga menyebutkan, untuk alokasi vaksin sebenarnya dari TNI AL memberikan jatah cukup untuk masyarakat maritim di Kabupaten Sikka, namun antusias dari warga Kabupaten Sikka sangat tinggi.

“Perlu ada pendampingan penambahan vaksin dari pemerintah. Untuk saat ini, kebutuhan vaksin sangat diperlukan masyarakat sehingga wajib diberikan dukungan,” ucapnya.

Dwi Yoga mengakui, masyarakat sudah teredukasi, bahwa vaksin mengurangi dampak dari virus Covid-19, sehingga banyak warga yang mendaftarkan untuk divaksin.

Lanjutnya, virus Covid-19 sudah menyebar hingga ke daerah sehingga warga diharapkan tetap patuh mentaati protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari.

“Hingga Senin (12/7) sudah 3.040 orang yang mendapatkan vaksinasi Covid-19. Kami akan meminta tambahan vaksin melalui Lantamal VII Kupang,” tuturnya.

Hingga Selasa (13/7), masih banyak warga yang mendatangi Mako Lanal Maumere, guna mendapatkan vaksinasi Covid-19, meskipun telah diberitahukan, bahwa vaksin Covid-19 telah habis.

Lihat juga...