Basarnas Belum Temukan Warga yang Hilang di Perairan Ternate

TERNATE — Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate bersama personel TNI/Polri di Maluku Utara (Malut) belum menemukan seorang warga Ternate bernama Hairun Surdi yang tenggelam saat melaut di perairan antara Pulau Filonga dan Sofifi.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah di Ternate, Minggu, membenarkan hingga enam hari hilangnya Hairun Surdi tim pencarian di hari keenam ini tetap menerjunkan personelnya mulai pukul 07.50 WIT dan tim SAR gabungan melaksanakan penyisiran hingga 9 Nm² dari LKP dan longboat masyarakat melaksanakan penyisiran di sebelah barat pulau Halmahera.

Namun, hingga siang hari korban belum ditemukan sehingga tim pencarian kembali ke posko untuk beristirahat.

Pencarian kembali dilanjutkan pukul 14.00 WIT dan tim SAR gabungan kembali melaksanakan penyisiran Sorti 2 di sekitar perairan pulau Mare dan Tidore.

Muhamad Arafah mengatakan, tim SAR gabungan juga telah memapelkan kepada nelayan dan kapal-kapal yang melintas di sekitar LKP, apabila melihat dan menemukan korban agar segera melaporkan kepada pihak Basarnas.

Dia mengakui, korban Hairun Surdi pada (24/8) sekitar pukul 15.30 WIT bersama seorang rekannya memancing di rompong antara Pulau Filonga dan Sofifi, pada pukul 16.10 WIT, perahu korban yang diikat di rumpon terlepas dan kedua korban berenang berusaha mengejar perahu yang terlepas.

Pada saat berenang kedua korban kelelahan satu orang tenggelam dan satu orang diselamatkan oleh speedboat dengan motoris atas nama Somadayo.

Sehingga, Basarnas Ternate yang menerima laporan tersebut langsung merespons dengan mengirimkan satu Tim Rescue bergerak menuju lokasi dengan menggunakan RIB 02 Ternate untuk melakukan pencarian terhadap satu korban yang belum ditemukan.

Korban yang berhasil ditemukan bernama Inda Abdullah, warga Salero Ternate dan Hairun Surdi hingga kini belum ditemukan dan saat ini dalam pencarian. (Ant)

Lihat juga...