Baung Kuah Pedas Cabai Merah, Lauk Pelengkap Kelezatan Nasi Tiwul

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Warisan tradisi kuliner khas pedesaan terus berkembang menyesuaikan bahan baku yang disediakan oleh alam, salah satunya ikan baung. Olahan kuah pedas dan cabai merah dengan melewati proses sederhana menghasilkan kuliner bercita rasa tinggi.

Sudartik, warga Desa Brajayekti, Kecamatan Brajaselebah, Kabupaten Lampung Timur menyebutkan, olahan ikan baung diawali dengan pembersihan lendir, patil dan jeroan. Jenis ikan yang memiliki aroma amis itu terlebih dahulu didiamkan dalam air diberi garam, air jeruk usai dibersihkan. Bahan bahan lainnya yang digunakan meliputi santan kelapa, sereh, daun salam, bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, kunyit, jahe, cabai caplak merah. Gunakan garam, gula dan penyedap rasa.

“Cuci bersih ikan dan kucuri dengan air jeruk nipis, garam lalu diamkan kembali agar aroma amis hilang, taburi lada dan garam selanjutnya goreng ikan baung dengan memakai minyak goreng panas. Namun jangan sampai kering agar lebih lunak saat dimasak santan lalu tiriskan,” terang Sudartik saat dikonfirmasi Cendana News, Sabtu (7/8/2021).

Proses selanjutnya menyiapkan bumbu. Sejumlah bahan seperti lengkuas, batang sereh, jahe, daun salam dan daun jeruk ditumis hingga layu dalam wajan. Selanjutnya dimasukkan santan lalu tambahkan air. Kemudian masukkan ikan baung ke dalam wajan agar tercampur bumbu. Tambah penyedap rasa, garam, lada dan aduk pelan.

Agar aroma lebih harum, setelah semua bahan tercampur tutup wajan, sehingga uap tidak keluar. Tambahkan daun kemangi, cabai caplak merah sebelum ditutup agar aroma dan rasa semakin sempurna. Proses pematangan sebut Sudartik cukup hingga 15 menit jangan diaduk karena ikan baung telah dimatangkan dengan cara digoreng dan siap disajikan.

“Rasa pedas diperoleh dari bumbu cabai caplak merah yang sebagian dihaluskan, tambahan bubuk lada sebagai penggugah selera,” ulasnya.

Menu ikan baung kuah pedas cabai merah sebut Sudartik akan disantap dengan nasi tiwul.

Lihat juga...