Bawal Putih Bakar Favorit Penyuka ‘Seafood’ di Lamsel

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Pecinta boga bahari atau seafood kerap memilih olahan ikan dengan cara dibakar. Salah satu jenis ikan laut yang kerap dipilih untuk dibakar adalah ikan bawal putih atau Pampus argenteus.

Dedek Saputra, juru bakar ikan di warung makan Dua Putri, menyebut varian ikan bawal putih cukup digemari. Alternatif bawal ikan air tawar juga disediakan, meski sebagian konsumen memilih bawal laut.

Warung di tepi Jalan Lintas Sumatera, Desa Rangai Tritunggal, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan itu menyediakan sejumlah ikan laut dan air tawar. Ikan bawal putih diperoleh dari hasil tangkapan nelayan di perairan Teluk Lampung. Lokasi yang cukup dekat dengan tempat pendaratan ikan, membuat pasokan bahan olahan boga bahari bawal putih mudah didapat.

Menurut Dedek Saputra, ikan bawal putih  memiliki bentuk pipih, sangat cocok untuk dibakar. Konsumen kerap memilih untuk sajian bawal bakar pedas manis bersama nasi hangat, sambal dan sejumlah lalapan. Bahan ikan bawal putih yang akan dibakar terlebih dahulu dibersihkan bagian perut. Kerat pada bagian kulit agar proses pembakaran bisa lebih matang.

Dedek Saputra (kanan) membakar sejumlah ikan salah satunya bawal pedas manis pesanan pelanggan di Jalan Lintas Sumatera, Desa Rangai Tritunggal, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, Sabtu (21/8/2021). -Foto: Henk Widi

“Setelah dibersihkan, daging dikerat, rendam memakai air jeruk nipis agar aroma amis berkurang, tahap selanjutnya siapkan bumbu bakaran berupa serai digeprek, kunyit dicampurkan dengan minyak goreng serta mentega yang akan dioleskan selama proses pembakaran agar bumbu meresap sempurna,” terang Dedek Saputra saat ditemui Cendana News, Sabtu (21/8/2021).

Ikan bawal putih yang telah dikerat, selanjutnya dijepit memakai kawat khusus membakar. Alat penjepit mempermudah proses pembakaran dan pematangan.

Dedek Saputra mempergunakan api dari arang kayu agar pembakaran lebih cepat. Memanfaatkan kipas, ikan bawal yang dibakar tetap harus selalu diberi bumbu oles, agar mempercepat proses pematangan.

Dedek Saputra menjelaskan, agar bumbu meresap sebelum dibakar dilakukan dengan olesan bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, cabai merah keriting, kemiri dan garam. Semua bumbu dilumurkan pada tubuh ikan, lalu didiamkan selama satu jam. Ia menyediakan sejumlah ikan untuk dilumuri bumbu sebelum ada pemesan.

Lihat juga...