Berdagang Jadi Cara Mudah Hasilkan Uang

Editor: Koko Triarko

JEMBER – Masa pandemi Covid-19 berdampak terhadap pendapatan bagi masyarakat. Bahkan, banyak orang kehilangan pekerjaan, salah satunya Muh Fauzan, karyawan perusahaan yang kini beralih profesi sebagai pedagang ikan.

Muh Fauzan, warga Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Patrang, Jember, mengaku sebelumnya ia merupakan karyawan swasta. Akibat pandemi, dirinya mencari peruntungan lain untuk mendapat penghasilan setiap harinya.

“Setelah saya tidak lagi menjadi karyawan, saya memutuskan untuk membangun usaha dengan berjualan,” ujar Muh Fauzan kepada Cendana News, di Jember, Selasa (3/8/2021).

Menurut Muh Fauzan, berdagang dinilai lebih mudah untuk dilakukan di masa pandemi Covid-19. Sedangkan mencari pekerjaan lain masih sulit untuk didapatkan.

Asyiah Holifa, saat ditemui di kawasan jalan A. Yani, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Patrang, Jember, Selasa (3/8/2021). –Foto: Iwan Feriyanto

“Sehari kalau banyak yang beli saya bisa ada penghasilan Rp200.000 sampai Rp300.000. Selama penerapan PPKM, penghasilan yang saya dapatkan menurun,” ungkapnya.

Fauzan mengaku sudah sejak setahun ini berjualan ikan. “Sekitar pertengahan 2020 saya termasuk orang yang dirumahkan. Karena pemasukan hampir tidak ada, saya berdagang ikan,” katanya.

Fauzan mengaku kesulitan tempat untuk membuka lapak, sehingga diriya memilih berdagang di pinggir jalan nasional yang notabene ramai oleh kendaraan.

“Di sini saya buka dari pagi setelah salat subuh. Karena tempatnya bersebelahan dengan pasar, tentu potensi laku cukup besar. Tetapi menjelang pagi hari, kendaraan yang lewat sudah sangat ramai. Terpaksa saya harus tutup,” jelasnya.

Hal yang sama juga terjadi kepada Asyiah Holifa, warga Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Jember. Ia mengaku setiap hari menjual kebutuhan sehari-hari, seperti bumbu dapur, sayur, dan sebagainya.

“Paling lama saya jualan di sini setiap hari sekitar tiga Jam, karena pagi hari aktivitas kendaraan di sekitar sini sangat ramai, terpaksa harus tutup,” ucapnya.

Holifa mengaku dari usaha jualan yang dilakukan bisa menambah pemasukan untuk keluarganya.

“Hasil jualan hitung-hitung saya bisa menambah pemasukan. Walaupun sehari yang didapatkan tidak begitu banyak, namun cukup untuk menambah pemasukan,” katanya.

Lihat juga...