Bersihkan Sampah, Rutin Digelar Warga Pesisir Pantai Pasir Putih

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SITUBONDO – Aktivitas menjaga kebersihan lingkungan pantai berperan penting agar lingkungan tetap terjaga dengan baik. Warga Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo, misalnya, rutin menggelar bersih-bersih di bibir pantai Pasir Putih.

Rifa’i warga Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo mengatakan, aktivitas membersihkan bibir pantai di tengah pandemi Covid-19 tetap rutin dilakukan. Hal ini untuk menjaga pantai tetap bersih dari bekas sampah.

“Selama pandemi kami gelar kegiatan bersih-bersih dengan warga sekitar sini. Supaya kebersihan di sini tetap terjaga. Walaupun tempat wisata masih tidak bisa beroperasi,” ujar Rifa’i kepada Cendana News di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo, Rabu (25/8/2021).

Rifa’i mengaku, upaya bersama membersihkan sampah, menjadi peran penting warga. Apalagi selama ini pantai Pasir Putih menjadi kawasan wisata yang banyak dikunjungi warga.

Aktivitas warga Desa Pasir Putih menggelar aksi bersih-bersih pantai secara gotong royong, di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo, Rabu (25/8/2021).- Foto: Iwan Feri Yanto

“Walaupun kawasan wisatanya belum diaktifkan kembali, kebersihan sekitar pantai menjadi cikal bakal menarik wisatawan, apabila nanti wisata kembali dibuka,” ucapnya.

Selain membersihkan area bibir pantai, Rifa’i mengaku, dirinya bersama warga lain juga turun membersihkan sekitar area terumbu karang yang ada di dalam air.

Pengecekan dan pembersihan di area terumbu karang ini sangat penting. Selain untuk menjaga kelestarian terumbu karang juga agar ikan-ikan yang berkembang di sekitarnya hidup secara sehat. Tidak terkontaminasi banyaknya sampah yang bisa membuat ikan tumbuh tidak sehat.

“Untuk area di bawah laut kita juga melakukan penyelaman, sembari membenahi beberapa terumbu karang yang rusak,” jelasnya.

Rifa’i menambahkan, ekosistem laut yang berada di Pantai Pasir Putih masih beragam. Untuk mempertahankan ekosistem tetap terjaga, salah satunya dengan meminimalisir keberadaan sampah yang menumpuk.

Secara terpisah, Arnanda, warga sekitar mengatakan, ajang membersihkan sampah secara gotong royong juga menjadi aktivitas berolahraga. Sebab, jika hanya berdiam diri di rumah justru akan membuat badan tidak beraktivitas  produktif dan bisa menimbulkan penyakit.

“Kalau kita bersih-bersih maka jadinya lumayan. Badan aktif bergerak dan juga bisa terkena matahari langsung. Menjadi jauh lebih segar sehingga juga bernilai baik untuk menjaga kesehatan pada tubuh kita,” ungkapnya.

Lihat juga...