Bit Merah, Banyak Bermanfaat bagi Kesehatan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Tanaman jenis umbian yang bisa ditemukan di pegunungan Jawa Barat ini, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya bit merah yang biasanya dijual di toko buah dan kerap dipakai untuk obat alami.

“Bit merah banyak memiliki manfaat bagi kesehatan, bit merah ini banyak dipesan. Harganya pun relatif tinggi per kilogram mencapai Rp50 ribuan. Pemesannya orang yang habis operasi atau pemulihan,” ujar Randal Pulungan, penjual buah di Pasar Jatiasih, Kota Bekasi, Jumat (27/8/2021).

Randal Pulungan, penjual bit merah di toko buah miliknya, dijumpai Jumat (27/8/2021) – Foto: Muhammad Amin

Bit merah biasanya untuk bahan jus, sama dengan buah lainnya. Namun demikian, ucap Randal, biasanya juga bisa direbus, dipanggang atau pun dimakan mentah begitu saja. Bit merah ini, jelasnya, memang mirip dengan kentang. Tapi jarang ditemui di toko sayuran.

Menurutnya, bit merah biasanya memiliki pelanggan khusus, terutama ibu-ibu. Karena dipercaya dapat memelihara kesehatan tubuh.

“Warnanya merah gelap, tumbuh di dalam tanah. Dari literasi di internet, buah tersebut memiliki banyak nutrisi di dalamnya seperti karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral. Seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, sodium, dan zat besi. Saya sendiri kerap makan sebagai lalap ketika makan nasi goreng,” ujar Randal.

Karena dijual di tempat buah,  banyak juga yang bertanya bit merah itu buah apa. Biasanya, Randal menjelaskan, bit merah adalah jenis umbian yang dibudidayakan di wilayah pegunungan dengan iklim dingin seperti Bandung Barat, atau wilayah Cianjur.

Diakuinya, banyak pesanan dari kalangan orang tua, terutama mereka yang menjalani masa pemulihan. Mereka merasakan dampak bagi kesehatan yang bagus saat rutin mengonsumsi bit merah tersebut.

“Setidaknya yang saya rasakan sendiri, memiliki efek baik bagi saluran pencernaan. Kandungan nutrisi ini membuat bit merah dapat membantu kelancaran proses pencernaan,” tukasnya.

Dani, pelanggan bit merah untuk terapi kesehatan keluarganya mengakui, bit merah pertama kali dikonsumsi rasanya tidak enak. Apalagi saat dimakan mentah seperti lalap. Enaknya dibuat jus dicampur dengan jenis sayuran lainnya, lalu diminum begitu saja setiap pagi.

“Untuk lebih enak lagi biasanya dipanggang, rasanya mirip ubi. Uniknya bit merah ini bisa dimakan juga dengan nasi cocol sambal sebagai lalapan. Tapi, semua tergantung selera, pastinya bit merah memiliki beragam manfaat bagi kesehatan,” ujar Dani.

Lihat juga...