BMKG Tunggul Wulung Cilacap Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi hingga 6 Meter

Editor: Koko Triarko

CILACAP – Meskipun sudah memasuki musim kemarau, namun potensi hujan diperkirakan masih terjadi pada beberapa hari ke depan. Angin kencang juga masih terjadi dan berpotensi menimbulkan gelombang tinggi hingga kisaran  4- 6 meter di perairan pantai selatan.

Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan, mengatakan saat ini masih terjadi sea surface temperature (SST) di laut selatan Jawa. Hal tersebut berpotensi menyebabkan penguapan, sehingga menimbulkan awan hujan di sekitar Cilacap serta gelombang tinggi.

“Potensi gelombang tinggi ini lebih kuat, karena adanya angin timuran yang cukup kuat. Gelombang yang tinggi berpotensi 4,0 meter sampai 6,0 meter,” jelasnya, Rabu (25/8/2021).

Menurutnya, dinamika perubahan SST berpengaruh besar dalam dinamika pembentukan iklim. Untuk perubahan awal SST, bisa positif dan bisa negatif, seperti siklus yang tidak berhenti.

Sedangkan untuk pasang naik air laut, lanjutnya, diperkirakan bisa mencapai 2,0 meter. Dan, surutnya sangat rendah, bedanya jauh mencapai 0,2 meter. Para nelayan juga diimbau untuk berhati-hati dalam melaut, sebab bisa terjadi potensi rob.

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan, di kantornya, Rabu (25/8/2021). -Foto: Hermiana E. Effendi
Lihat juga...