Desa Wisata di Yogyakarta Bersiap Buka Obwis, Warga Divaksin

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Sejumlah desa wisata di Yogyakarta terus mempersiapkan diri untuk bisa membuka objek wisata di tengah situasi pandemi. Selain menyiapkan fasilitas pendukung penerapan protokol kesehatan, mereka juga mendorong seluruh warganya bisa mengikuti program vaksinasi pemerintah. 

Seperti dilakukan Desa Kepuharjo, di lereng Gunung Merapi, Kecamatan Cangkringan, Sleman. desa yang memiliki banyak objek wisata mulai dari wisata alam, adventure, kuliner, budaya, dan sebagainya ini mendorong warganya melakukan vaksinasi dengan melaksanakan program vaksinasi massal di lokasi objek wisata.

Di gelar di salah satu objek wisata Desa Kepuharjo yakni The Lost World Castel, kegiatan vaksinasi ini mendapat antusiasme tinggi dari warga. Dibuktikan dengan jumlah peserta yang mencapai 1000 orang lebih. Baik itu pengelola objek wisata, pedagang kuliner, kedai kopi, maupun masyarakat umum lainnya.

“Dari sekitar 2800 warga, saat ini ada sekitar 50 persen yang sudah divaksin. Nantinya kita akan terus dorong seluruh warga melakukan vaksinasi karena target kita minimal 85 persen warga desa seluruhnya bisa tervaksin,” ujar Kepala Desa Kepuharjo, Heri Suprapto, Kamis lalu (26/8/2021).

Kepala Desa Kepuharjo, Heri Suprapto saat memberilkan keterangan, Kamis (26/8/2021). -Foto Jatmika H .Kusmargana

Heri berharap dengan divaksinnya seluruh warga Desa Kepuharjo, nantinya mereka akan siap menyambut wisatawan yang berkunjung. Yakni begitu pelaksanaan PPKM Level IV sudah dihentikan, sehingga seluruh objek wisata bisa dibuka kembali.

“Selain tempatnya luas, pelaksanaan vaksinasi massal ini digelar di objek wisata The Lost World Castel karena juga sebagai bentuk persiapan pengelola objek wisata menyambut wisatawan nantinya. Sekaligus juga untuk mempromosikan dan mengenalkan pada masyarakat luas, bahwa objek wisata di Kepuharjo siap untuk menerima wisatawan,” katanya.

Sementara itu, salah seorang warga, Harti mengaku antusias ikut kegiatan vaksinasi massal ini karena lokasinya yang dekat dengan tempat tinggalnya. Sehingga ia tak perlu jauh-jauh mengikuti vaksinasi di daerah lain. Pedagang kuliner ini juga mengaku tergerak mengikuti vaksinasi karena ingin terbebas dari penyakit akibat Covid-19.

“Apalagi saya kan jualan di sekitar objek wisata, jadi akan lebih aman jika ikut vaksin,” katanya.

Di Desa Kepuharjo sendiri sedikitnya terdapat belasan objek wisata alam di sekitar lereng Gunung Merapi. Mulai dari The Lost World Castel, Batu Alien, Bunker Merapi, Wisata Kali Adem, Stonehenge, Moseum Sisa Hartaku, jeep Adventure, dsb. Selama masa PPKM Darurat Level IV ini, seluruh objek wisata tersebut masih ditutup.

Lihat juga...