Di Parigi Moutong Vaksinasi Warga Mulai Menggunakan Moderna

Seorang warga sedang disuntik vaksin COVID-19 di Mapolres Parigi Moutong dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-75 tahun 2021 - Foto Dok Ant
PARIGI – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng), mulai menggunakan vaksin jenis Moderna, untuk melayani vaksinasi warga untuk menghadapi pandemi COVID-19. Vaksinasi dengan moderna tersebut digelar di Puskesmas.

“Kegiatan vaksinasi sudah dilaksanakan setiap hari karena vaksin Moderna sudah tersedia. Warga yang ingin mendapatkan vaksin silahkan menghubungi Puskesmas terdekat,” kata Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Parigi Moutong, Irwan, Sabtu (21/8/2021).

Vaksin Moderna, disediakan pemerintah untuk melayani masyarakat yang belum tervaksinasi dosis satu dan dosis dua. Pemkab menginstruksikan, Puskesmas wajib melayani vaksinasi dengan target per-hari 30 orang. Hal itu sebagai upaya percepatan herd immunity atau kekebalan secara komunal. “Apa yang dilakukan ini sebagai upaya kami mencegah dan mengendalikan penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat,” ujar Irwan, yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Parigi Moutong.

Berdasarkan data pemerintah setempat, saat ini masyarakat yang melakukan vaksinasi dosis pertama mencapai 5,84 persen dan dosis kedua mencapai 3,82 persen. Masyarakat yang belum terlayani vaksinasi dosis pertama  94,16 persen dan untuk dosis kedua  mencapai 96,18 persen dari target 369.378 jiwa.

Setiap hari 300 dosis vaksin di distribusi ke masing-masing Puskesmas di kabupaten setempat. Jika dalam target per hari tidak dapat terpenuhi, maka Puskesmas belum mendapat jatah lanjutan. “Ini juga berpengaruh dengan permintaan ke Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, karena banyak daerah lain membutuhkan, olehnya target-target harian ini harus tercapai,” tutur Irwan.

Lihat juga...