FP3 GP Inggris Milik Jack Miller

Pebalap tim Ducati Jack Miller menjalani sesi latihan Grand Prix Inggris, Sirkuit Silverstone. (28/8/2021) - foto Ant
JAKARTA – Jack Miller, menjadi pebalap tercepat dari sesi ketiga latihan bebas Grand Prix Inggris, di Sirkuit Silverstone. Catatan waktu Miller di FP3 GP Inggris pada Sabtu (28/8/2021) pagi waktu setempat.

Di sepuluh menit terakhir, para pebalap mulai melakukan time attack dan Jack Miller menjadi pebalap pertama yang mengalahkan catatan terbaik dua sesi latihan sebelumnya, yang ditorehkan Fabio Quartararo, dengan 1:59,288.

Suhu trek yang dingin, cukup menyulitkan para pebalap memperbaiki catatan waktunya. Bahkan beberapa dari mereka terjatuh, karena kurangnya daya cengkeram ban, seperti yang dialami juara GP Inggris 2019 Alex Rins dari tim Suzuki, yang terjatuh di tikungan 12, saat tiga menit tersisa, disusul pebalap tim Repsol Honda Pol Espargaro.

Pemuncak klasemen sementara, Quartararo, juga sempat terjatuh sebelum mencatatkan waktu terbaik di FP2. Sang pebalap Yamaha mendapati kakinya terkilir, namun itu bukan gangguan baginya ketika di atas motor. Kendati demikian, El Diablo tak mampu lebih cepat dari catatan yang ia torehkan di FP2, dan menempati peringkat kedua di catatan waktu kombinasi ketiga latihan.
Pebalap Aprilia, Aleix Espargaro, menempati peringkat tiga catatan kombinasi, diikuti rookie tim Pramac Racing, Jorge Martin, dan pebalap Ducati, Francesco Bagnaia. Meski terjatuh, catatan Pol Espargaro bertahan di P6 dan Valentino Rossi membuat kejutan, sebagai yang tercepat ketujuh di balapan perpisahannya dengan Silverstone, sebelum pensiun di akhir tahun nanti.

Juara dunia bertahan, Joan Mir, Brad Binder dan Marc Marquez, merebut tiga tiket terakhir ke Q2, setelah melengkapi sepuluh besar catatan waktu kombinasi. Sedangkan, Johann Zarco dan Alex Rins, bakal harus melewati Q1 terlebih dahulu, setelah di FP3 yang berlangsung sangat ketat, di mana selisih catatan 14 pebalap teratas terpaut dalam rentang kurang dari satu detik.

MotoGP, kembali digelar di Silverstone sebagai seri ke-12 di kalender, setelah tahun lalu balapan GP Inggris dibatalkan karena pandemi COVID-19. Awal musim ini, tidak ada pebalap Inggris yang membalap di kelas premier, namun di Silverstone di akhir pekan ini paling tidak ada dua pebalap tuan rumah mendapat kesempatan tampil di depan para pendukungnya.

Menyusul hengkangnya Maverick Vinales dari tim pabrikan Yamaha di tengah musim, Cal Crutchlow, yang sebelumnya ditugasi Yamaha menggantikan Franco Morbidelli, yang masih memulihkan diri dari cedera, bakal berseragam tim Monster Energy Yamaha, sebagai tandem Quartararo di Silverstone. Kemudian pebalap Moto2, Jake Dixon, mendapat kesempatan debut di MotoGP bareng tim Petronas Yamaha SRT dan akan mengendarai motor M1 spesifikasi 2019 milik Morbidelli akhir pekan ini.

Quartararo, tiba di Inggris dengan keunggulan 47 poin sebagai pemuncak klasemen, dari penantang terdekatnya, Francesco Bagnaia dari tim Ducati dan Joan Mir dari tim Suzuki. Sementara Johann Zarco, terlempar ke peringkat empat, setelah hasil kurang memuaskan di Austria. Marc Marquez, masih memegang rekor lap dan pole position di Silverstone. Dan sang juara dunia delapan kali masih memulihkan diri dari cedera lengan dan bahu musim ini.

Sang pebalap Spanyol terlibat duel klasik dengan kompatriotnya Alex Rins di Silverstone 2019. Namun sang pebalap Suzuki mencuri kemenangan di tikungan terakhir menuju finis, menjadi salah satu finis terketat dalam sejarah MotoGP. Lorenzo Savadori, menarik diri dari GP Inggris, menyusul kondisi fisiknya yang belum sepenuhnya fit pascaoperasi. Sang pebalap Aprilia mendapat cedera pergelangan kaki, setelah terlibat kecelakaan dengan pebalap KTM Dani Pedrosa di Grand Prix Styria. (Ant)

Sepuluh pebalap yang lolos ke Q2
1 Jack Miller Ducati Team (GP21)
2 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1)
3 Aleix Espargaro Aprilia Gresini (RS-GP)
4 Jorge Martin Pramac Ducati (GP21)*
5 Francesco Bagnaia Ducati Team (GP21)
6 Pol Espargaro Repsol Honda (RC213V)
7 Valentino Rossi Petronas Yamaha (YZR-M1)
8 Joan Mir Suzuki Ecstar (GSX-RR)
9 Brad Binder Red Bull KTM (RC16)
10 Marc Marquez Repsol Honda (RC213V)
Lihat juga...