GP Hungaria Dihentikan Sementara Akibat Tabrakan Beruntun di Lap Pertama

JAKARTA — Grand Prix Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Budapest, pada Minggu terpaksa dihentikan sementara menyusul kecelakaan beruntun di lap pertama.

Lewis Hamilton start dari pole position, akan tetapi rekan satu timnya Valtteri Bottas mencoba mengerem di trek yang basah tetapi tak cukup jarak hingga menabrak mobil Lando Norris yang menyebabkan efek domino di Tikungan pertama lap pembuka.

Pebalap Aston Martin Lance Stroll juga tak bisa menghindari mobil Ferrari Charles Leclerc di tikungan tersebut sehingga terlibat senggolan.

Kekacauan di lap pembuka itu menyebabkan Bottas, Stroll, Sergio Perez, dan Leclerc gagal melanjutkan lomba karena kecelakaan tersebut.

Norris, yang selalu mencetak poin musim ini, juga terpaksa menyudahi balapan setelah mobilnya terparkir di garasi McLaren dengan kerusakan cukup parah.

Pemuncak klasemen sementara Max Verstappen juga menjadi korban tabrakan dan mengalami kerusakan cukup parah di mobil RB16B-nya setelah tertabrak mobil Norris yang disundul Bottas, demikian laman resmi Formula 1.

Lomba ditunda untuk kurang lebih 15 menit, di saat ofisial memastikan keamanan trek dan para pebalap memperbaiki kerusakan mobil mereka.

F1 menuju ke Hungaroring untuk menggelar balapan terakhir di paruh pertama musim sebelum jeda musim panas.

Dijuluki sirkuit Monako tanpa pagar pembatas, Hungaroring merupakan trek yang sempit, berliku dan menyulitkan pebalap melakukan overtaking.

Melihat hasil positif di Monako, Red Bull dan Ferrari optimistis meraih hasil positif, sedangkan Mercedes mengantisipasi kecepatan rival-rivalnya itu.

Lewis Hamilton memiliki rekor delapan kemenangan di Hungaroring, paling banyak di antara siapapun. Dan kini juara dunia tujuh kali itu memangkas defisit 33 poin dari Max Verstappen menjadi delapan poin saja berkat kemenangan kontroversial di GP Inggris setelah keduanya terlibat tabrakan.

Steward balapan pada Kamis telah menolak petisi Red Bull untuk meninjau ulang insiden tabrakan di Silverstone tersebut karena tim yang bermarkas di Milton Keynes itu dianggap tidak menyajikan bukti-bukti baru.

Verstappen di Hungaria menggunakan kembali power unit yang dipakai saat mengalami kecelakaan di Silverstone setelah Honda memberi lampu hijau, menyatakan kelayakan mesin tersebut digunakan di sepanjang akhir pekan di Hungaroring. [Ant]

Lihat juga...