Gubernur Babel Minta Bantuan ISO Tank Oksigen

Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan -Ant

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, meminta bantuan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk dapat menyediakan ISO Tank oksigen, guna mengatasi kelangkaan oksigen penanganan pasien Covid-19.

“ISO Tank ini akan sangat membantu untuk mendukung rencana pembangunan storage berkapasitas 20 ton atau 20.000 meter kubik di RSUP Babel,” kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Sabtu (14/8/2021).

Ia mengatakan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dijadwalkan berkunjung ke Polda Kepulauan Babel di Kota Pangkalpinang pada Sabtu (14/8), guna menyerahkan bantuan oksigen penanganan Covid-19.

“Permintaan ini nanti kita akan sampaikan langsung kepada Kapolri, dan diharapkan beliau setuju untuk menyediakan ISO Tank untuk mendukung ketersediaan oksigen penanganan Covid-19 ini,” ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya ISO Tank ini sangat mendukung rencana pembangunan storage oksigen dalam menangani kebutuhan produksi oksigen di RSUD Soekarno Air Anyir Bangka, yang bisa diperbantukan untuk rumah sakit lain se-Babel.

“Kami sudah menyiapkan kebutuhan dan ketersediaan oksigen di Dinkes dan Disperindag. Data ini tentunya akan dikomparasikan dengan data Krimsus Polda, karena diharapkan Babel bisa meminta bantuan kepada Kapolri atas ISO Tank,” katanya.

Ia menyatakan, saat ini permintaan rumah sakit terhadap oksigen mengalami peningkatan signifikan, karena melonjaknya kasus Covid-19.

“Kami sudah meminta perusahaan pengisian tabung oksigen bekerja ekstra untuk memenuhi kebutuhan oksigen rumah sakit dan warga yang mengalami peningkatan yang tinggi,” katanya.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa, mengatakan berdasarkan data terbaru, penambahan 660 orang terpapar Covid-19 tersebar di Kota Pangkalpinang 226 orang, Kabupaten Bangka 91, Bangka Tengah 68, Bangka Barat 53, Bangka Selatan 60, Belitung 108 dan Belitung Timur 54 orang.

Sementara itu, pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19 sebanyak 649 orang tersebar di Kota Pangkalpinang 117 orang, Kabupaten Bangka 99, Bangka Tengah 44, Bangka Barat 64, Bangka Selatan 119, Belitung 111 dan Belitung Timur 95 orang.

“Hari ini sebanyak 24 pasien Covid-19 meninggal terdapat di Pangkalpinang lima, Bangka enam, Bangka Tengah dua, Bangka Selatan dua, Bangka Barat tiga, Belitung tiga dan Belitung Timur tiga orang,” katanya. (Ant)

Lihat juga...