Haaland Antar Dortmund Menang Dramatis Atas Hoffenheim

JAKARTA — Erling Haaland mencetak sebuah gol larut untuk mengantarkan Borussia Dortmund menang dramatis 3-2 atas TSG Hoffenheim dalam laga pekan ketiga Liga Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Pemain yang baru dinobatkan sebagai Penyerang Terbaik Liga Champions 2020/21 itu mencetak golnya pada menit pertama injury time, hanya beberapa saat setelah tim tamu sempat menyamakan kedudukan tepat di pengujung waktu normal melalui Munas Dabbur.

Dortmund memetik kemenangan kedua musim ini dan sementara naik ke puncak klasemen dengan raihan enam poin, sembari menunggu delapan laga pekan ketiga lainnya dimainkan hingga Minggu (29/8) waktu setempat.

Sedangkan Hoffenheim (4), yang menderita kekalahan pertama mereka musim ini, melorot ke peringkat keempat, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Pertandingan berlangsung buntu hingga nyaris setengah jam pertama dengan satu-satunya peluang tepat sasaran lahir dari sundulan lemah Haaland menyambut umpan silang Raphael Guerreiro.

Pada meit ke-39, Hoffenheim mengancam lewat umpan terobosan Jacob Bruun Larsen yang berusaha diselesaikan Christoph Baumgartner, tetapi kiper Gregor Kobel masih sigap mengawal gawang tuan rumah.

Semenit berselang di ujung lapangan berbeda giliran kiper Oliver Baumann yang melakukan penyelamatan atas tembakan Donyell Malen yang mengakhiri tusukan dari sisi kiri kotak penalti.

Kebuntuan baru pecah empat menit memasuki babak kedua saat Giovanni Reyna mampu memanfaatkan umpan kiriman Bellingham demi memperdaya Baumann dan membuka keunggulan Dortmund.

Keunggulan itu raib pada menit ke-61 saat Baumgartner mampu melepaskan tembakan akurat dari sudut sempit selepas mengejar umpan terobosan dari Dennis Geiger demi membuat kedudukan imbang lagi 1-1.

Namun, delapan menit kemudian Bellingham sukses merestorasi keunggulan Dortmund lewat tembakannya yang melesat melewati kerumunan pemain di dalam kotak penalti Hoffenheim.

Raihan tiga poin yang sudah di depan mata Dortmund tiba-tiba seakan raib sebab pada menit ke-90 Hoffenheim sukses mengkonversi situasi sepak pojok yang diakhiri sontekan jarak dekat Dabbur demi membuat skor imbang 2-2.

Tetapi Haaland muncul jadi penyelamat saat ia memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang Hoffenheim untuk membawa Dortmund memimpin lagi pada menit pertama injury time.

Baumann sebetulnya tampil relatif sigap mementahkan dua tembakan beruntun dari Youssoufa Moukoko dan Marius Wolf, tetapi rekan-rekannya gagal segera menyapu bola liar yang belakangan disambar oleh Haaland untuk mencetak gol penentu kemenangan Dortmund.

Kedua tim baru akan melakoni laga lanjutan pada Sabtu 11 September, selepas jeda internasional, saat Dortmund bertandang ke BayArena menghadapi Bayer Leverkusen dan Hoffenheim menjamu FSV Mainz di PreZero Arena. (Ant)

Lihat juga...