Indah dan Asrinya RTH Brontokusuman Ternoda Tumpukan Sampah

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA — Ada yang nampak berbeda di salah satu sudut kampung Karangkunti, RT 47 RW 12 Kelurahan Brontokusuman Yogyakarta. Di tengah pemukiman padat penduduk dengan gang-gang sempit, sebuah taman kecil yang begitu rimbun dan asri nampak berdiri.

Salah seorang warga setempat, Fina (16) saat memberikan keterangan, Rabu (11/08/2021). Foto Jatmika H Kusmargana

Sejumlah pepohonan langka mulai dari pohon Pule, Soga hingga Kesumba nampak ditanam rapi bersandingan dengan tanaman peneduh lainnya. Tak hanya itu, sejumlah bangku taman, gazebo hingga aneka wahana permainan anak menghiasi taman ini.

Setiap pagi dan sore hari, taman ini akan ramai oleh aktivitas warga kampung, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain bermain di sejumlah wahana permainan seperti prosotan dan jungkat-jungkit, mereka juga biasa bersantai sambil memanfaatkan internet gratis yang disediakan.

Taman ini biasa disebut Taman Brontokusuman, merupakan salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta di sejumlah lokasi sejak 2000 lalu. Selain berfungsi sebagai taman bermain anak dan ruang publik warga, taman ini juga dibangun sebagai tempat cadangan oksigen dan air, di tengah kota.

Dilengkapi dengan fasilitas toilet, sumur resapan air hujan, tempat sampah pilah hingga sanitasi biofil taman seluas 600 meter persegi ini juga dibangun dengan konsep ramah difabel.

Lihat juga...