Indahnya Panorama Teluk Lampung dari Ketinggian Pondasian Batu Suluh

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Akhir pekan menjadi kesempatan bagi sebagian orang untuk melakukan aktivitas rekreasi. Tempat tinggi atau plato pondasian Batu Suluh di wilayah Bandar Lampung, pun menjadi salah satu pilihan.

Sebelumnya, Cendana News telah me-review spot ketinggian di Pesawaran di sekitar kota Bandar Lampung yang kaya akan spot ketinggian menarik.

Dewi Anjani, warga asal Ketapang, Panjang, mengatakan spot ketinggian itu disebut Pondasian Batu Suluh. Akses jalan sudah beraspal, bisa ditempuh hanya sekitar sepuluh menit dari Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum).

Menggunakan kendaraan roda dua setelah melewati terowongan kereta api batu bara rangkaian panjang (babaranjang), naik ke ruas jalan raya Suban. Lokasi ada di sebelah kanan dari arah Panjang.

Menurut Dewi Anjani, penyebutan pondasian Batu Suluh karena lokasi tersebut pernah didirikan sebuah bangunan. Tersisa sebagian pondasi, menjadikan lokasi itu dikenal sebagai pondasian Batu Suluh. Masuk wilayah Kelurahan Batu Suluh, Kecamatan Panjang, spot unik tersebut gratis bagi pengunjung. Kesejukan alami perbukitan ditawarkan sepanjang hari. Saat pagi, angin sepoi dari Teluk Lampung menerpa menjadi penyemangat hari.

Salah satu pengunjung spot wisata ketinggian pondasian Batu Suluh, Dewi Anjani, asal kelurahan Ketapang, Bandar Lampung menikmati suasana santai bersama rekan rekannya, Minggu (22/8/2021). -Foto: Henk Widi

“Sebagian warga saat akhir pekan jogging atau lari dari bawah ke atas untuk olahraga, sebagian sengaja ingin menikmati suasana sunyi menghindari bising kota Panjang yang merupakan pelabuhan internasional, sehingga rekreasi di pondasian Batu Suluh menjadi alternatif wisata murah meriah bersama keluarga,” terang Dewi Anjani, saat ditemui Cendana News, Minggu (22/8/2021).

Dewi Anjani mengatakan, pesona yang bisa dinikmati di pondasian Batu Suluh paling utama udara sejuk. Saat duduk di kursi kayu tepat di bawah pohon ketapang dan beringin, sapuan pandangan bisa tertuju ke arah Teluk Lampung. Ke arah kiri pandangan terlihat indah dengan arsitektur megah vihara Bhaisajaguru Grha bagi umat Budha. Ke sisi kanan, pelabuhan internasional Panjang dan gunung Betung di kejauhan.

Lihat juga...