Ini Cara Mudah Tingkatkan Imun Tubuh dari Rumah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Di tengah pandemi covid-19, imun tubuh menjadi benteng utama, dalam melindungi kesehatan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun, salah satunya dengan berolahraga secara rutin. Namun persoalan muncul, ketika masyarakat juga dituntut untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan menjaga jarak.

“Olahraga menjadi salah satu cara, untuk meningkatkan imun tubuh, dalam membentengi diri dari pandemi covid-19. Contoh paling mudah, dengan berolahraga senam, karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, termasuk dari rumah,” papar praktisi olahraga sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof. Dr. Tandyo Rahayu, saat ditemui di kampus tersebut, Semarang, Jumat (20/8/2021).

Hal tersebut penting, karena di masa pandemi, dengan keterbatasan yang diterapkan, masyarakat tidak diperkenankan untuk berkerumun, termasuk dalam berolahraga, sehingga senam di rumah, bisa menjadi solusi.

“Terlebih, pemerintah, melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), sudah memperkenalkan senam Stay At Home (SAH), sebagai salah satu jenis olahraga senam yang bisa dilakukan. Gerakannya mudah, tidak membutuhkan ruang yang luas, dan ada gerakan terkait prokes, seperti gerakan mencuci tangan. Ini juga dapat mengingatkan masyarakat untuk selalu taat prokes,” tandasnya.

Terinspirasi dari hal tersebut, FIK Unnes juga mengajak seluruh mahasiswa baru 2021/2022 pada fakultas tersebut, di sela kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), untuk ikut memperkenalkan senam SAH kepada keluarga dan lingkungan mereka, agar nantinya seluruh masyarakat bisa ikut serta.

“Kita ajak seluruh masyarakat untuk tetap berolahraga. Tidak perlu ke luar rumah, dari rumah pun bisa. Itu yang mendorong kita, mengajak para mahasiswa baru, lebih dari 1.000 mahasiswa, untuk bersama-sama melakukan senam SAH secara virtual dari rumah masing-masing. Harapannya, mereka nanti juga mengajak keluarga, kerabat dan lingkungan mereka, untuk rutin berolahraga,” tegas Prof. Tandyo.

Hal senada juga disampaikan, salah seorang mahasiswa FIK Unnes, Silvia Indriyani. Dirinya pun turut mengajak masyarakat, terutama para mahasiswa Unnes, untuk rutin berolahraga dalam upaya menjaga kesehatan tubuh.

Lihat juga...