Ini Harapan Tutut Soeharto untuk Sang Cucu ke-12

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Siti Hardiyanti Rukmana atau akrab pula disapa Tutut Soeharto, menyelenggarakan upacara tedhak siten bagi cucu ke-12, yakni Aryandra Athallah Sulistiyo Rukmana, putra kedua pasangan Ajie Sulistiyo Dwi Putra Maryulis dengan Danvy Sekartaji Indri Haryanti Rukmana.

Tedhak siten merupakan rangkaian prosesi adat tradisional dari tanah Jawa yang diselenggarakan pada saat pertama kali seorang anak belajar menginjakkan kaki ke tanah.

Tedhak berarti menginjak, dan siten artinya tanah. Upacara tedhak siten ini dilakukan sebagai rangkaian acara yang bertujuan agar anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, juga berisi semua harapan dan arahan dalam hidup.

Tutut Soeharto, sang eyang mengungkap prosesi tedhak siten adalah permohonan kepada Allah swt, agar cucu tercintanya yaitu Aryandra Athallah Sulistiyo Rukmana yang lahir pada Senin Wage, 18 Desember 2020, bisa menjalani kehidupan yang baik.

Tedhak siten ini untuk merayakan perkembangan sang cucu Aryandra, yang sudah mulai merangkak, dan kini tengah belajar mulai berdiri, dan kemudian berjalan. Semoga Aryandra, jauh dari marabahaya, dan hidupnya penuh kemanfaatan bagi sesama, serta bahagia dalam lindungan Allah swt,” ucap Tutut Soeharto, pada acara tedhak siten Aryandra Athallah Sulistiyo Rukmana di kediamannya di Jalan Yusuf  Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/8/2021).

Aryandra Athallah Sulistiyo Rukmana masuk dalam kurungan alam pada prosesi upacara tedhak siten di rumah eyangnya Tutut Soeharto, di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/8/2021). -Foto : Sri Sugiarti

Putri pertama Presiden RI  ke-2, Jenderal Besar HM Soeharto, ini menggelar acara adat tedhak siten sesuai dengan arahan ibunda tercinta yaitu, almarhumah Raden Ayu Fatimah Siti Hartinah atau Ibu Tien Soeharto.

Tutut Soeharto berharap generasi muda dapat turut serta melestarikan dan merawat adat budaya adiluhur ini.

Dalam prosesi tedhak siten yang dipandu oleh Yati Rukmini perwakilan keluarga,  pasangan Ajie Sulistiyo Dwi Putra Maryulis dengan Danvy Sekartaji Indri Haryanti Rukmana didampingi Tutut Soeharto dan suaminya, Indra Rukmana. Serta kedua orangtua Adjie, yakni Yulis Maryulis Martu dan Mimie Suharmiyati, terlihat bahagia.

Terlebih Aryandra Athallah Sulistiyo Rukmana, sang cucu ke-12 Tutut Soeharto, juga begitu bahagia dengan keceriaan senyum manisnya.

Para sesepuh yang hadir menyaksikan ikut merasakan suasana hangat pasangan Ajie Sulistiyo Dwi Putra Maryulis dan Danvy Sekartaji Indri Haryanti Rukmana atas upacara tedhak siten putra keduanya ini.

Lihat juga...