Inovasi Penilaian Angka Kredit, Dorong Optimalisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Kemendikbud ristek kembali berinovasi dengan mengeluarkan laman Penilaian Angka Kredit (PAK) yang lebih interaktif agar para pengajar pendidikan tinggi dapat dengan mudah memantau perkembangan usulan jabatan fungsional secara terintegrasi.

Direktur Sumber Daya, Ditjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Dr. Mohammad Sofwan Effendi, menyebutkan, keputusan untuk mempersiapkan laman PAK, Selancar PAK Mobile, SISTER BKD dan API Portofolio SISTER merupakan langkah awal yang diambil pemerintah dalam mewujudkan transformasi sumber daya manusia pendidikan tinggi.

“Dua layanan ini berfokus pada upaya memudahkan pemantauan karier dan kompetensi dosen melalui layanan terintegrasi. Sehingga akan mengurangi beban administrasi yang selama ini harus dilakukan oleh para pengajar di pendidikan tinggi,” kata Sofwan dalam acara online, Kamis (19/8/2021).

Ia menyatakan, dengan berkurangnya beban ini, maka para pengajar akan lebih memiliki waktu dan tenaga dalam pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Selain layanan PAK yang sudah mengalami perubahan dan juga lebih interaktif, dilakukan inovasi juga pada SISTER atau Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi Beban Kerja Dosen yang akan mengintegrasikan konten SK Rektor Kepala dan Guru Besar. Fungsinya, untuk memudahkan pemantauan pengembangan usulan jabatan fungsional dari PAK ke SK,” ucapnya.

Sementara, API Portfolio SISTER, diadakan khusus bagi  perguruan tinggi yang menerapkan aplikasi berbeda, sehingga bisa terhubung dengan platform yang ada.

Lihat juga...