Kamis (26/8/2021), Vaksinasi COVID-19 di Balikpapan Mulai Menyasar Pelajar

Vaksinasi di Puskesmas Batu Ampar, Balikpapan Utara - Foto Ant

BALIKPAPAN – Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) menyatakan, vaksinasi bagi kalangan pelajar di berbagai sekolah di Balikpapan dimulai Kamis (26/8/2021). Penyintukan dengan menggunakan vaksin Sinovac akan dilakukan oleh tim dari Puskesmas.

“Perencanaan kami, minggu ini vaksinasi ke sekolah-sekolah, dengan vaksin Sinovac karena untuk usia 12 tahun lebih cocok,” kata Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan, dr Andi Sri Juliarty, Rabu (25/8/2021).

Sekolah sasaran vaksinasi diutamakan untuk jenjang SMP, walaupun sebagian ada juga SMA, seperti SMAN 6 di wilayah kerja Puskesmas Batu Ampar, Balikpapan Utara yang akan menjadi sasaran. Dalam satu sekolah, tim vaksinasi menargetkan bisa memvaksin sekurang-kurangnya 100 orang anak. “Atau berapa-pun yang diizinkan pihak sekolah untuk hadir ke sekolah untuk divaksin pada hari tersebut,” kata Imelda, vaksinator dari Puskesmas Batu Ampar.

Kadinkes Juliarty mengatakan, di gudang farmasi Balikpapan saat ini tersedia vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Moderna. “Karena kita Balikpapan saat ini masih berada di PPKM level 4, maka vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia saat ini. Jadi masyarakat yang sudah sampai giliran vaksinnya, sebaiknya jangan ditunda, karena ingin memilih vaksin,” tandasnya.

Juliarty menyebut, pada dasarnya masyarakat boleh memilih vaksin yang dianggap sesuai atau yang diingini. “Jadi seandainya tidak berkenan dengan vaksin Moderna, misalnya, yang bersangkutan boleh melewatkan gilirannya untuk menunggu vaksin yang diinginkannya,” kata juru bicara satgas penanganan COVID-19 Balikpapan tersebut.

Pada Kamis (26/8/2021), vaksinasi terpusat di Gedung Dome akan menggunakan vaksin Moderna. Penyuntikan akan menyasar 2.500 orang dengan nomor urut pendaftaan 7.001-9.500. “Jika ada yang tidak ingin divaksin Moderna, maka vaksinasinya tertunda. Menunda berarti kesempatan untuk menambah imunitas tubuh juga tertunda, padahal wabah masih berlangsung. Karena itu kami sampaikan bahwa vaksin terbaik saat ini vaksin yang ada,” tandasnya.

Vaksin Moderna, memiliki efikasi (khasiat) tinggi. Sudah seminggu ini juga para tenaga kesehatan mendapatkan Moderna sebagai vaksinasi penguat ata booster. “Alhamdulillah, semua baik-baik saja,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...