Kanada Pertimbangkan Tampung Pengungsi Afghanistan

VANCOUVER – Kanada akan mempertimbangkan untuk menerima pengungsi Afghanistan tambahan atas nama Amerika Serikat atau sekutu lainnya jika diminta untuk melakukannya.

“Kita harus menjaga pintu tetap terbuka untuk semua kemungkinan,” kata Menteri Imigrasi Marco Mendicino, dalam sebuah wawancara.

“Jika ada warga Afghanistan yang telah membantu mitra koalisi selama misi yang juga memenuhi kriteria untuk program pemukiman kembali kemanusiaan kami, saya pikir kami harus siap untuk mempertimbangkan pengaturan seperti itu,” kata Mendicino.

Kanada adalah bagian dari koalisi negara-negara yang mencoba mengevakuasi warga Afghanistan yang mendukung misi Barat di Afghanistan selama bertahun-tahun, di tengah pengambilalihan negara oleh Taliban yang terjadi dalam hitungan hari, bukan bulan seperti yang diperkirakan.

Kanada menarik sebagian besar pasukannya dari Afghanistan pada 2011, tetapi berpartisipasi dalam misi NATO untuk melatih militer Afghanistan hingga 2014.

Membantu warga Afghanistan yang mendukung misi Kanada di masa lalu telah menjadi topik politik panas menjelang pemilihan 20 September.

Lihat juga...