Kasus Covid Menurun, Situbondo Mulai Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

SITUBONDO — Penurunan kasus paparan Covid-19 di Situbondo, Jawa Timur menjadi peluang dalam penerapan pembelajaran tatap muka, meski efektivitas belum terselenggara secara masif.

Kepala Sekolah SMKN 1 Panji, Suprihartono, S.Pd mengatakan, ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan agar sekolah dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka, di antaranya sistem bagi waktu.

“Kami menggunakan sistem bagi waktu kepada seluruh anak didik disini. Dalam satu kelas, separuh melaksanakan pembelajaran tatap muka, separuhnya lagi melenggarakan pembelajaran via online,” ujar Suprihartono, S.Pd kepada Cendana News, di Situbondo, Kamis (26/8/2021).

Dijelaskan, penerapan sistem pembelajaran dengan pembagian waktu merupakan upaya dalam menjaga semua elemen terhindar dari paparan Covid-19.

“Kita tentunya masih tetap harus hati-hati, walaupun penurunan paparan Covid-19 cukup baik,” ucapnya.

Supri mengaku, upaya dirinya mengurangi mobilitas siswa di sekolah, dengan mengurangi aktivitas jam pelajaran. Siswa tidak terlalu lama di sekolah, juga tidak melakukan kegiatan yang mengakibatkan kerumunan.

“Maksimal pembelajaran tatap muka selama empat jam. Selain itu, pedagang yang menyediakan tempat makan di sekolah juga kami imbau untuk tidak buka. Sebab, dikhawatirkan menjadi tempat anak-anak berkumpul,” jelasnya.

Supri menambahkan, bagi seluruh siswa diperkenankan untuk membawa bekal dari rumah. Pada saat jam istirahat, para siswa tidak perlu keluar untuk membeli makanan.

“Selama aktivitas pembelajaran tatap muka berjalan baik, tidak ada cluster baru, kedepannya akan diberlakukan pembelajaran tatap muka secara maksimal,” ungkapnya.

Secara terpisah, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, penerapan pembelajaran tatap muka sejalan dengan kasus paparan Covid-19 di Situbondo yang mulai menurun.

“Saat ini tentu masih menerapkan pembelajaran tatap muka secara terpisah, namun tetap dalam kehati-hatian,” ucapnya.

Karna menambahkan, dalam menerapkan pembelajaran tatap muka, sekolah juga harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas prokes yang mumpuni.

Lihat juga...