Kaya Nutrisi, Kelapa Muda Tampuk Merah Berkhasiat bagi Kesehatan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Bahan makanan segar kaya nutrisi masih jadi alternatif masyarakat pedesaan untuk menjaga stamina tubuh. Salah satu bahan makanan kaya nutrisi yang disukai berupa kelapa tampuk merah atau disebut kelapa wulung.

Suyatinah, warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan menyebut kelapa muda cultivar tampuk merah kaya manfaat.

Bagi warga pedesaan, ungkap Suyatinah, kelapa yang dikenal jenis wulung ini mulai banyak ditanam. Khasiat yang diperoleh saat mengonsumsi daging buah, meminum airnya menyegarkan.

Kelapa tampuk merah sebutnya memiliki ciri khas kulit hijau, saat dibuka bagian kulit berwarma merah. Kandungan nutrisi dan senyawa penting jenis elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh.

Kelapa tampuk merah sebut Suyatinah kerap jadi obat saat menderita sakit kepala. Pada kondisi cuaca panas dengan potensi keringat banyak terkuras, meminum air kelapa tampuk merah efektif mencegah dehidrasi.

Khasiat yang cukup banyak membuat jenis kelapa berwarna merah dijual lebih mahal. Jika kelapa hijau muda dijual Rp8.000, kelapa muda tampuk merah dijual Rp15.000 per butir bahkan bisa lebih.

“Kelapa muda tampuk merah umumnya digunakan untuk mengatasi keracunan, pernah saat ada anggota keluarga alami pusing dan mual usai mengonsumsi ikan tongkol, meminum air kelapa tampuk merah bisa jadi penawar karena langsung muntah dan pusing kepala berkurang,” terang Suyatinah saat ditemui Cendana News, Jumat (27/8/2021).

Sejumlah khasiat yang bisa diperoleh dari kelapa tampuk merah sebutnya cukup beragam. Saat mengalami gejala sulit buang air kecil, meminum air kelapa tampuk merah bisa memperlancar.

Lancarnya proses buang air kecil sebutnya bisa menghindarkan dari infeksi saluran kemih. Sebagai cara agar lebih berkhasiat, ia kerap menambahkan rebusan jahe, akar alang alang.

Air kelapa muda tampuk merah sebut Suyatinah sangat cocok untuk penderita kadar gula tinggi. Mengonsumsi secara teratur dengan takaran tepat akan membuat stabil gula darah.

Salah satu kerabat sebutnya mengonsumsi makanan dari nasi tiwul untuk mengurangi karbohidrat. Sebagai pelengkap meminum air kelapa tampuk merah jadi pelenglakap untuk menjaga kesehatan.

“Pilih kelapa muda tampuk merah yang baru dipetik agar khasiat dan kesegarannya terasa,” ulasnya.

Manfaat kelapa tampuk merah atau wulung diakui oleh Rusli, warga Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan.

Menanam kelapa tampuk merah atau kelapa wulung dilakukan Rusli (kiri) di Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat (27/8/2021) – Foto: Henk Widi

Ia menyebut tanaman pertanian itu berkhasiat untuk kesehatan. Manfaat yang kaya untuk kesehatan membuat jenis kelapa itu banyak dicari. Bagi warga yang menderita masalah pencernaan, memakan dan minum air kelapa tampuk merah tepat dikonsumsi.

“Kesegaran air, daging kelapa muda efektif untuk menjaga pencernaan terutama jenis tampuk merah bisa jadi pilihan,” ulasnya.

Rusli menyebut seusai olahraga, dengan keringat yang banyak terbuang, minum air kelapa tampuk merah jadi pilihan. Sejumlah warga yang pernah sembuh dari gangguan sakit kepala sebelah atau migrain kerap mencari kelapa jenis tersebut.

Agar lebih berkhasiat ia mengaku kerap menambahkan perasan air jeruk nipis dan jahe. Khasiat sebutnya akan efektif dengan konsumsi teratur dan porsi tepat atau tidak berlebihan.

Catur, salah satu warga yang memanfaatkan kelapa tampuk merah mengaku ia memilih bagian air kelapa tersebut. Dibandingkan membeli minuman elektrolit botolan ia memilih membeli kelapa tampuk merah.

Minuman segar alami sebutnya efektif untuk menjaga pencernaan, melancarkan air seni. Semakin kerap minum air kelapa memberi sifat diuretik dan membuang zat racun dari tubuh.

Lihat juga...