Keterbatasan Lahan Pertanian di Perkotaan Bukan Halangan untuk Meraup Untung

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Keterbatasan lahan perkotaan untuk permukiman tidak menghalangi warga untuk bercocok tanam. Dengan menggunakan metode, media tanam hingga tanaman yang cocok, tetap dapat memberikan keuntungan.

Nurhasanah, warga Kelurahan Way Kandis, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung menyebutkan, memanfatkan lahan terbatas warisan keluarga serta tanah kavlingan yang sudah mendapatkan izin penggunaan, ia menanam sejumlah sayuran dan bumbu. Seperti, bayam, kangkung, selada, terong dan daun bawang.

“Lahan pertanian yang mulai terbatas tetap bisa dipergunakan untuk budidaya komoditas pertanian semusim agar cepat menghasilkan, rata rata bisa dipanen sebulan hingga dua bulan, secara berkelanjutan,” terang Nurhasanah saat ditemui Cendana News, Senin (30/8/2021).

Disebutkan, selain dapat memenuhi kebutuhan sayuran setiap hari, hasil panen juga dapat memberikan manfaat dalam sisi ekonomi. Hasil pertanian jenis sayuran bisa dipanen bergilir. Bayam, kangkung, daun bawang bisa dipanen saat usia satu bulan, sebagian bisa lebih cepat.

Sistem tanam semusim pada lahan perkotaan sebut Nurhasanah juga dilakukan dengan menanam jagung manis. Tanaman yang bisa dipanen selama dua bulan itu juga memberi hasil baginya.

Selain tanaman semusim, ia juga menanam komoditas pertanian yang bisa dipanen bertahap. Talas, serai dan tanaman bumbu bisa dipanen bertahap untuk dijual ke pengepul.

“Menanam serai, jahe dan talas bisa dilakukan pada lahan pekarangan sehingga tetap menghasilkan,”ulasnya.

Lahan terbatas yang sudah dipondasi tetap bisa dimanfaatkan warga Kelurahan Way Kandis, Kecamatan Tanjung Senang, Bandar Lampung, Senin (30/8/2021). Foto: Henk Widi

Pemanfaatan lahan perkotaan sistem tanam semusim memakai media polybag juga dilakukan Juminah. Warga Kelurahan Way Kandis itu mengaku memaksimalkan karung bekas, kantong plastik dan pot untuk menanam kangkung, daun bawang, jahe merah hingga cabai rawit.

“Media tanam polybag, pot bisa digunakan sebagai penghias pekarangan namun menghasilkan,” ulasnya.

Memanfaatkan lahan pekarangan yang akan dibangun rumah, ia masih bisa mendapat hasil. Tanaman yang berpotensi menghasilkan berupa bawang daun, tomat rampai hingga kemangi.

Selain menanam sayuran dan tanaman bumbu, ia menyebut juga menanam bunga. Sebagian tanaman bunga yang sedang tren bisa dijual berupa aglonema, kaktus, dan aster dengan memakai polybag.

Lihat juga...